Anu Arendel's Trial Nest Guide



Apa kabar semua...
Setelah sekian lama, akhirnya guide untuk Anu Arendel's Trial Nest ini selesai juga...

Sebelumnya, saya sudah posting terkait syarat minimal stats dan party line up disini ya.., jadi kali ini saya fokus membahas jalannya pertempuran...
Skill dan Mekanik yang saya bahas hanyalah mekanik yang penting - penting saja. Skill yang tidak berbahaya tidak saya masukkan dsini.

Foto - foto ditampilkan dalam ukuran agak kecil agar tidak memakan tempat, apabila ingin melihat lebih jelas, di klik aja fotonya :)

Oke, cekidot.

Stage 1. Arc Gargolyn Augur Kodok Loncat

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Summon black hole beberapa meter di depan kodok. Skill area, menyedot player disekitar, dan damage lumayan banyak, apalagi saat terkena bone crash trial.
  2. Mengeluarkan area hijau disekitar. Area meledak dalam beberapa detik. Memberikan efek knockback dan clear buff.
  3. Melakukan serangan beruntun ke arah depan, damage cukup sakit, apalagi saat terkena bone crash trial.
  4. Mengeluarkan topi dengan tanda tanya "?". Kemungkinan 1: Mengeluarkan kodok. Kodok akan melakukan 3x stomp. Stomp ke 3 harus dihindari karena damagenya cukup untuk membuat 1 hit KO karakter dengan gear pas-pas-an.
  5. Mengeluarkan topi dengan tanda tanya "?". Kemungkinan 2: Mengeluarkan phantom. Phantom melakukan serangan fire crecent cleave. Damage tidak sakit.
  6. Mengeluarkan topi dengan tanda tanya "?". Kemungkinan 3: Mengeluarkan phantom. Phantom cast 2 ekor stalker yang kemudian mengejar 2 player yang diberikan tanda hitam diatas kepala.
Mekanik yang perlu diperhatikan dan Strategi Party:
  1. Karena 2 serangan mematikan ada di arah depan, hindari menyerang dari arah depan kodok, terutama apabila bone crash trial aktif.
  2. Setiap berganti bar, terdapat mekanik kodok menjadi banyak mengelilingi map seperti Guardian Nest. bedanya, kodok yang harus di hit (warna hitam) berjumlah 3-4 ekor. Mekanik biasanya didahului knock down 1 map, dan clear all summon. Segera cari kodok hitam, apabla sudah ada rekan tim yang stand by di depan kodok hitam, cari kodok hitam yang lain. JANGAN NORAK PANIK, bila tidak menemukan yang hitam ya jangan memaksa memukul yang ada. Pada mekanik ini juga sangat penting bagi player dengan skill area untuk tidak menggunakan skill area saat kodok akan berganti bar, karena akibatnya bisa fatal.
  3. Usahakan tidak mengganti bar kodok saat kodok men-summon topi. Karena kombinasi kejaran 2 stalker dan mekanik kodok jadi banyak hampir 100% membuat party wipeout.
  4. Bila mendapatkan glare trial, usahakan tidak mengganti bar kodok saat hitung mundur glare trial muncul. Kombinasi glare trial dan kodok yang jadi banyak bisa berakibat fatal karena player tidak bisa melihat lokasi kodok hitam
Skill blackhole, menyedot dan memberikan damage berkali - kali
Pilih kodok yang benar, yang di tengah warnanya hitam, kanan kirinya bukan hitam

Stage 2. Wrath Ayra Venom Angin Racun

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Membuat area lantai berwarna ungu di depan, kemudian menyemburkan racun. Damage medium.
  2. Charge ke arah random sambil menembakkan racun ke 4 arah, charge dilakukan 3x berturut turut. Damage kecil
  3. Melakukan serangan beruntuk ke depan. Damage ngeri bro, hati - hati
  4. Menembak - nembakkan racun, damage medium berkali - kali + efek knockback. serangan diakhiri dengan melakukan stomp menggunakan kepalanya. area stomp kecil, damage medium
  5. Memanggil temannya yang berbentuk pohon, pohon akan melakukan charge sambil menjatuhkan 2 buah dark fruit. Dark fruit akan meledak bila tidak segera dihancurkan. Damage charge kecil+knock back, namun damage 2 buah fruit sangat besar bila dibiarkan meledak
  6. Skill legendaris, EKOR RACUN. Menembakkan ekor racun ke salah 1 player, setelahnya muncul lingkaran ungu disekitar player target. Player target tidak mengalami damage, namun anggota party yang berada di lingkaran ungu tersebut mendapatkan damage berkali - kali biasanya sampai mati.
Mekanik yang perlu diperhatikan dan Strategi Party:
  1. Sesaat setelah spawn, biasanya bos menembakkan racun kedepan yang ditandai dengan area lantai berwarna ungu. Lihat arahnya, pastikan kita tidak dalam range tembakan racun, kemudian hajar!
  2. Monster mengeluarkan lantai racun yang kuat (mirip di GN). Hanya ada 2 kotak lantai yang aman. saat mekanik ini ada 2 kemungkinan. 1. mekanik terjadi saat ada party yang terkena ekor racun. 2. muncul teman pohon setia nya di tengah map, yang melakukan stomp.
  3. Apabila yang muncul adalah pohon, maka segera cari lantai yang tidak berwarna ungu > Pohon stomp 1x sudah tau ya kalau momon stomp kita harus lompat > 2 lantai aman berpindah > pohon stomp 2x > 2 lantai aman berpindah > pohon stomp 2x > mekanik selesai.
  4. Apabila mekaik muncul saat ada anggota party yang terkena ekor racun, berdoalah yang terkena bukan player yang idiot. ada 2 cara untuk mengatasinya. Pertama, karena ada 2 lantai aman, player dengan ekor racun berpisah dengan player yang lain, berlindung di lantai aman yang berbeda. Kedua, player yang terkena ekor racun berdiri di sudut lantai aman, sedangkan player yang tidak terkena, berdiri di sudut lantai aman yang bersebrangan (Lihat foto dibawah saja nanti gimana maksudnya berdiri di sudut - sudut)
  5. Mekanik lantai racun yang kuat maksimal dilakukan 3x, dan bisa tidak terjadi sama sekali bila monster di KOS tanpa ampun.
terkena ekor racun, manjauh dari member party yang lain!

Ini posisi berdiri apabila ada ekor racun saat mekanik lantai racun kuat.
Perhatikan posisi LK dan Sorcerer ada di Sudut lantai aman yang bersebrangan.
Posisi kali dan Raven kurang tepat bila ada ekor racun, tapi di SS sih aman karena yang muncul adalah pohon

Stage 3. Hermit Lycan Hilen and Lupa Namanya Duo Serigala

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Baik serigala Es maupun serigala Coklat, memiliki skill yang sama dengan saat mereka menjadi penunggu di Mist dan Guardian Nest (Damagenya tentu berbeda, di AATN damagenya sungguh horor). Hanya 1 skill tambahan, yaitu serigala Es memiliki Stomp dengan damage yang cukup untuk membuat 1 hit KO.
  2. Kedua serigala ini merupakan pasangan Homo. Ketika mereka berdekatan, mereka tak terkalahkan mereka mendapatkan shield yang membuat imun dari serangan apapun

Mekanik yang perlu diperhatikan dan Strategy Party:
  1. Setiap berganti bar, serigala Es akan melakukan stomp
  2. Setiap berganti bar, serigala coklat akan memasang jebakan
  3. Strateginya, Raid Leader harus menentukan, serigala mana yang mau dihajar duluan. Untuk party dengan damage fantastis, saran saya KOS serigala coklat (karena serigala coklat spawn lebih dahulu, disusul dengan pasangan homonya yang terjun dari langit beberapa saat kemudian), kemudian hajar serigala Es.
  4. Untuk party dengan damage fantastis, lakukan full buff, setelah serigala coklat spawn dan bisa di hit, segera kill, apabila serigala menghilang (dia mau memasang jebakan), arahkan serangan ke tengah map (karena dia akan menggali - gali disitu sebelum jebakan terpasang), apabila belum mati juga berarti party nya kurang hot, LF (apabila ada) bertapa, buff deff+50% cukup efektif untuk menahan damage jebakan serigala coklat, setelah itu langsung arahkan serangan ke tengah lagi (karena setelah pasang jebakan serigala coklat akan muncul di tengah map), apabila masih belum mati juga sungguh terlalu segeralah berpencar, karena pasangan homonya siap terjun dari langit dan memberikan damage stomp yang cukup untuk 1 hit KO (ditandai dengan area putih di lantai).
  5. Apabila damage party pas - pas-an, saya tetap menyarankan untuk kill serigala coklat terlebih dahulu, namun dengan strategi yang lebih konservatif.
  6. Kunci dari strategi konservatif adalah mengontrol serangan serigala Es. Player yang di agro serigala Es harus mengarahkan mbuh piye carane semua serangan serigala Es ke pinggir map, bukan ke tengah. Sedangkan player yang lainnya menghajar serigala coklat. Yang perlu diperhatikan adalah, agro serigala es berganti apabila ada mekanik jebakan dari serigala coklat, atau serigala es terbang ke langit dan hendak melakukan stomp.
  7. Setelah serigala coklat mati (baik di KOS ataupun tidak) kini gilran serigala Es. Yang perlu diperhatikan adalah, setiap berganti bar serigala Es akan melakukan stomp dengan damage yang besar (cukup untuk 1 hit KO player dengan gear menengah). Jump! atau mudahnya, apabila ada LF di party, masuk saja aura tapanya LF, dengan buff 50% deff dari aura tapa LF kita seharusnya tidak perlu repot repot lompat saat serigala es melakukan stomp.
Full buff dan debuff saat serigala coklat spawn, KOS!

Stage 4. Ignacio Gigante Babi Berlari

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Membuat dots merah di lantai, kemudian memanggil petir di area tersebut. Damage medium-High
  2. Melakukan pukulan beruntun kedepan yang diakhiri dengan serangan listrik. Damage medium
  3. Summon queen's relic. Mentarget 1 player dan melemparkan lingkaran api (seperti bos Mist Nest) sampai relic dihancurkan
  4. Membuat area merah di lantai, yang kemudian akan dialiri petir. Damage medium
  5. Summon Relic (yang dengan pemberitahuan di layar). Memasang relic dengan garis merah ke 4 penjuru map. Garis merah akan dialiri petir yang memberikan damage luar biasa (biasanya sampai KO)
  6. Saat HP bar x2, mengeluarkan ulti mirip ulti inquisitor. Bedanya dengan di Guardian Nest, akan ada relic yang tersebar di pinggir map, namun hanya 1 yang memberikan area perlindungan. Relic yang benar adalah relic yang berputar dan memiliki area biru di belakangnya

Mekanik yang perlu diperhatikan dan Strategy Party:
  1. Overall pola serangan sama dengan di Guardian nest. Cukup hindari serangan - serangan dengan damage besar, biasanya bisa sukses tanpa mati di stage ini
  2. Apabila Queen's relic di summon, segera hancurkan
  3. Apabila relic di summon, cari area aman, perhatikan juga gerakan Ignacio, terkadang Ignacio melakukan charge yang dapat membuat player terpental ke arah petir
  4. Saat bar x2, Ignacio biasanya melakukan charge terlebih dahulu sebelum mengeluarkan ulti. Jadi apabila Ignacio melakukan charge saat HP bar x2 atau dibawahnya, ambil posisi di tengah map, siap - siap lari ke relic yang tepat
Red dots di lantai yang kemudian menjadi petir, kadang menjadi serangan pembuka

Penampakan Queen's Relic, segera hancurkan !

Petir akan menyambar di lantai berwarna merah
Posisikan diri di lantai yang aman
Ignacio summon relic, terdapat garis merah ke 4 penjuru map
cari posisi aman, perhatikan serangan ignacio

Garis merah menjadi petir. Jangan sampai tersentuh, mbuh piye carane

Ignacio ulti, cari relic yang benar.
Relic di depan memiliki aura biru,, relic disamping kiri relic yang salah karena tidak ada aura biru

Stage 5. Guardian Pell

Skill yang perlu diperhatikan:
  1. Semua serangan last boss AATN ini memberikan damage yang besar. Overall sama seperti di Guardian Nest. saya hanya akan membahas yang berbeda saja.
  2. Spear throw memberikan efek poison di lantai (di guardian nest tanpa efek poison di lantai)
  3. Stomp atas bawah, menjadi 5x stomp (3x stomp di guardian nest)
  4. Saat Guardian Pell teleport ke tengah map (keterangan mau membakar berlin hutan) mekanismenya berbeda sedikit. Di guardian nest, boss bisa di hit. Namun di AATN, pada awalnya bisa di hit, namun guardian pell akan memutar2 tombak di atas dan menembakkan bom denga area kecil pada setiap player sebanyak 2 buah. Saat guardian pell memutar - mutarkan tombaknya guardian pell tidak dapat di hit
  5. Melempar 3 buah forest grudge ke random player. Tempat jatuhnya forest grudge akan menjadi lingkaran merah yang akan meledak beberapa detik kemudian
  6. Mengikat semua player (kecuali 1 orang) setiap berganti bar. Mekanisme ini akan diikuti dengan stomp yang berdamage besar (terdapat hitung mundur sebelum melakukan stomp)
  7. Saat bar hp x2, mekanisme guardian pell ngeden dengan area aman di depan, kemudian area disekitarnya meledak yang diikuti dengan ledakan di area depan masih ada

Mekanik yang perlu diperhatikan dan Strategy Party:
  1. Tidak ada strategi khusus selain menghindari semua serangan, terutama stomp nya :)
  2. Saat Guardian Pell berganti bar, player yang tidak terikat jangan norak bingung, segera cari teman terdekat dan bebaskan ikatannya
  3. Perhatikan dengan benar arah stomp atas bawah guardian pell
  4. Saat guardian pell teleport ke tengah, langsung hit! apabila guardian pell terlanjur memutar - mutar tombaknya, santai dulu, tunggu selesai (sambil hindari 2 bom nya dengan bergerak) kemudian bari hit lagi. Mekanisme ini membuat seluruh player ke tengah map, sehingga buff bisa terkena ke semua player, sehingga setelah bar habis, merupakan waktu yang perfect untuk menghajar guardian pell habis - habisan.
  5. Setelah guardian pell melemparkan forest grudge, biasanya diikuti dengan skill menghisap + stomp. Jangan terbawa nafsu hit guardian pell sesaat setelah dia melemparkan forest grudge
Guardian Pell berganti bar, mekanik seluruh player diikat.
Tunggu dibebaskan dan siap siap hindari stomp
Stomp atas bawah. Perhatikan, tangan diangkat, tanda akan stomp bawah, siap - siap jump!

Stomp atas bawah. Perhatikan, tangan kebawah, tanda akan stomp atas, jangan jump
Forest grudge dilempar, menjadi area lingkaran yang akan meledak
Jangan lupa setelah ini Guardian Pell akan melakukan serangan menghisap+stomp
Jangan dekat - dekat dengan bos!
Guardian pell teleport ke tengah. Langsung hit !
Guardian pell memutar tombak ke atas. Ada shield, tidak bisa di hit
Berpindah - pindah tempat untuk menghindari 2 bom, kemudian siap hit lagi
Mekanik ngeden HP bar x2, sekeliling map ada aura hitam yang akan meledak
Area aman ada di depan guardiam pell
Setelah area sekitar meledak, gantian area depan yang akan meledak, roll ke samping !
Stage selesai, ada 5 kotak yang dapat dibuka menggunakan kunci hadiah trial

Juga 2 basic treasure chest. yang kiri berisi key, yang kanan item
Drop di AATN adalah skill jade, acc epic lv 70 (downey, new/full moon, crescent)
serta key untuk memasuki BDN

Pengalaman tetaplah yang paling berharga, bisa karena terbiasa. Segeralah selesaikan bagi yang belum. Segera beli equip dan Jade bagi yang masih sering di kick dari party :)

Terima kasih untuk tim AATN yang telah memfasilitasi pengambilan Screenshot di guide ini

Sampai disini guide AATN nya, semoga bermanfaat, mohon masukannya apabila ada yang kurang pas :)


See you and Happy Dragon Nest :3





Comments

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade