Lv90 Lunar Knight PVE Build by Evermotz

[Updated 19 Mei 2016]

"Karena sudah mendekati akhir cap 90, saya mengupdate post ini untuk meng-update konten Build terutama dari sisi ACC dan Jade yang sudah jauh berbeda dengan awal cap 90 ~"



Pagi semua ~

Intro dulu ya, di awal cap 90 ini, saya sempat mencari skill build yang kira - kira bisa saya gunakan untuk Lunar Knight saya, namun 3 hari terakhir browsing via google, belum menemukan skill build yang cocok, bahkan skill build Lv.90 sulit sekali dicari, kebanyakan masih skill build cap 90.

Akhirnya saya membuat skil build sendiri yang cocok dengan playing style saya, saya pure PVE player. Harapan saya dari share skill build ini agar kita sesama LK user bisa saling diskusi terkait skill LK yang baru saja mengalami perubahan yang cukup signifikan, bahkan ada skill yang di swap dengan job lain @_@, haha..



Mari nanti kita diskusi via comment dibawah ya, atau bisa juga diskusi di grup FB Guild Gestapo (klik disini), kita diskusi yang tertib dan sopan, karena sesungguhnya tidak ada skill build yang baik, tidak ada skill build yang buruk, karena setiap player memiliki playing style nya masing - masing~

Enough for the intro, so here we go, skill build Lv.90 Lunar Knight saya, Evermotz - Althea.


WARRIOR SKILL




Semua skill yang penting saya max, sebenarnya di bagian ini saya hanya ingin menggunakan 45 Skill Point (Destructive swing Lv.10, Dropkick tidak diambil), namun di akhir build, semua skill LK sudah max, skill SM sudah 146/146 dan tersisa 2 skill poin, jadi saya genapkan Destructive swing ke Lv.11 dan ambil Dropkick.

Kenapa Destructive swing?
Menurut saya dari sisa skill yang ada di bagian Warrior, tidak ada lagi yang "a must have one" untuk PVE, namun Destructive swing memiliki Invincible time yang cukup lama untuk dodge serangan boss nantinya, jadi saya kerahkan kesana skill point nya.

Yang menarik pada Warrior skill adalah pemberian hak paten LS kepada bangsa Mercenary, sebagai gantinya kita mendapatkan breaking point.

Good News or Bad News?
Well, tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Keduanya sama - sama party buff.

  • LS lebih ke defensive buff, Breaking point offensive buff (+10% physical+magic attack).
  • LS digunakan di saat tertentu, CD lama. Breaking point almost permanent buff (Durasi 300 detik, CD 30 detik, anggap saja permanen, haha)

LK kehilangan role untuk menyelamatkan party di saat - saat berbahaya, namun jadi memiliki +10% attack party yang bisa berjalan sepanjang pertarungan. So, that's not bad after all.


SWORD MASTER SKILL



  • Semua skill jalur LK saya max kecuali Ultinya
  • Dash Slash dan Dash Combo saya ambil karena biasanya saya gunakan untuk menghancurkan Peti / tembok / saat daily. Well, tidak ada alasan penting mengapa skill ini saya ambil, but I took it anyway.
  • Aerial Combo pun saya ambil tanpa alasan yang penting. Waktu tebas - tebas di udara nya lumayan lama untuk memperlambat proses turun ke tanah apabila lompat menghindari stomp tapi kecepetan lompatnya :V
  • Counter cross di Lv.1, Sangat membantu apabila saya terlempar ke udara dan aerial evasion masih CD.
  • Eclipse Lv.1. Di Lv.1 damagenya kecil, di Lv.Maks pun damagenya tetap kecil. So, saya ambil Lv.1 untuk mendapatkan efek menarik musuhnya saat daily ~
  • Break Lv.Max. Semakin tinggi Lv, semakin lama durasinya, max it.
  • Luring Slash Lv.1. Saat pertama melihat luring slash jadi cuma 20% jujur saya sangat sedih, hati seperti teriris, lidah terasa membeku tak sanggup berkata apa - apa (Telenovela mode: ON), menaikan Lv hanya menambah damage tanpa menambah efek debuff. di Lv.1 damage nya kecil, di Lv.max pun sama aja kecil. So, Lv.1 sudah cukup, don't waste another skill point for this skill.
  • Triple Slash, Forward Thrust, dan Hacking Stance saya ambil cuma supaya bisa ambil Frenzied Charge, saya naikkan sampai Lv.11. Well, pada cap 90 skill LK tidak lagi dibedakan menjadi physical dan magical attack, semua skill akan dihitung berdasarkan Magic attack LK. So, saat semua skill jalur LK sudah Max, dan masih banyak Skill Point, saya memilih Frenzied Charge. Frenzied charge memiliki damage yang besar 2042% di Lv.11 dan Casting time yang tidak terlalu lama. Boleh lah dikeluarin saat skill lain sedang CD
  • Parry Lv. Max. Kita bahas dibawah ~
Q: Kenapa ga ambil Hacking Stance aja?
A: Hacking stance (tanpa EX nya yang hanya dimiliki Gladiator) durasi skill nya sangat lama dan baru bisa di cancel pada detik ke 3-4 dari 6 detik durasinya. Imho, skill ini terlalu berbahaya untuk PVE, bayangin aja, kalo kita baru cast Hacking Stance, tiba - tiba bos ngeluarin aba - aba stomp, langsung lemes dah ~

REVAMP PARRY
Skill ini salah satu hal yang cukup mengobati nerf Luring Slash yang bener - bener tragedi.
Parry sekarang menangkis serangan sekaligus meng-counter dengan damage 2160% di Lv.Max. Awesome! CD hanya 5 detik. Bisa nangkis + counter serangan setiap 5 detik, Nice ~

But the problem is, durasi aktif skillnya sangat singkat, jadi butuh timing yang bagus untuk bisa memanfaatkan skill ini. Harus sering - sering latihan memakai skill ini biar timingnya bisa tepat ~


LUNAR KNIGHT SKILL



Nothing to say but "MAX ALL THE SKILLS"

Flash Stance di Cap 80 tidak saya max karena untuk mengeluarkannya harus ngeden dalam waktu yang cukup lama, dengan Instant skill ngedennya bisa lebih cepat, jadi di cap 90 ini Flash Stance saya Max.

Another not so bad thing is, Cyclone slash Ex yang tadinya +30% magic attack debuff, jadi 20% crit resist debuff. Saya sih lebih prefer debuff yang sebelumnya, namun bila kita berorientasi pada party, debuff yang sekarang lebih bagus.
Debuff sebelumnya (+30% magic attack) hanya bisa dinikmati job dengan serangan magic attack saja, Debuff effect yang baru (20% crit resist) bisa dinikmati semua job di party kita ~


HERALDRY


Untuk skill heraldy saat ini saya masih menggunakan,
  • Moon Blade Dance (DMG)
  • Halfmoon Slash (DMG)
  • Moonlight splitter (DMG)
  • Crecent Cleave (DMG)
Halfmoon slash (ACT SPD) bisa jadi alternatif kalau Halfmoon slash sering ke cancel karena keburu ditabok momon saat ngeden casting.
Masih mau coba lihat Parry dan Flash Stance ada skill heraldy (DMG) nya atau nggak, kalau ada sepertinya bisa juga jadi alternatif.

Enhancement Heraldy, alternatif dari 3rd FD yang harganya selangit, saya prefer 3rd Crit. Saat pertama nyentuh Lv.90, rada syok melihat Crit Rate cuma 36%.

*Updated*
Dengan adanya beberapa heraldry baru, saran saya sisakan slot untuk heraldry tersebut... yaitu:
Attack Heraldry (Attack dan FD)
Concentration Heraldry (Crit, FD, Criical Damage)
Limit Heraldry (Critical Damage)

ACCESSORIES

*Updated*

Untuk Accessories, ada beberapa kombinasi yang bisa kita digunakan..., tergantung element juga sih.. dan juga budget yang kamu punya..

Q: Bang, LK emangnya bagus pake element (ECJ) ?
A: Pake lah ~

Q: Pake element apa bang?
A: Sebenernya sama aja, tapi masing - masing element punya keunikan masing - masing dalam kombinasi equip dan acc nya ~

Element Dark: Punya keunggulan kalau dikombinasikan Tough Necklace dan Earring
Element Ice/Fire: Earring Skill Acc ada yang opsi Ice/Fire Attack (Light/Dark ga ada)
Element Light/Dark: Ring Skill Acc nya ada yang versi Attack (sedangkan Ice/Fire cuma ada versi Critical)
Element Money: Nah, ini element paling Gege,, kalo punya banyak elemen ini kamu bisa bebas berkreasi mau pake element yang mana aja :)

Untuk low budget, saran saya pakai skill ACC.
Necklace dan Earring pakai yang opsi Full Int / Vit, sesuai kebutuhan.
*Khusus user Ice/Fire attack, Earring gunakan yang ada element attack nya ya ~
Ring pakai skill acc yang ada element attacknya,,, Dark/Light pake yang M.atk.
Utk pilihan skillnya:
Necklace: Moonlight Splitter / Crecent Cleave.
Earring: Halfmoon Slash
Ring: Moon Blade Dance / apa ya,, Crecent cleave boleh lah, bakal di revamp kan di cap 93 nanti.

Untuk yang budgetnya rada besar,,, ada beberapa opsi sih...

Konvensionalnya, Pakai aja 2 Skill Ring, Earring + Necklacenya pakai Koleunu.

Dark Ele User bisa pakai 2 Ring Acc, Earring dan Necklacenya pakai Tough.

Atau bisa juga pakai RDN L Grade Acc...
Saya sekarang beralih menggunakan RDN L Grade Acc dengan elemen Water.
Saya pakai 2 ring RDN L Grade tipe M.atk, RDN L Grade Necklace tipe Int, dan Skill Acc Earring tipe Fire/Ice attack.
Keunggulannya adalah, Ring RDN L Grade bisa dipasangkan Attack Jewel L Grade yang opsinya cukup fantastis, 3k attack, 25 FD, 8.6% element attack, juga ada Critical dan Critical Damage nya... Wow !!

Awalnya saya menggunakan Koleunu earring + necklace + 2 Skill Acc Ring...
Setelah beralih menggunakan Necklace + 2 Ring RDN L dan Skill Acc Earring, Overall semua stats bertambah Drastis... M.atk naik sekitar 20k, Critical Naik dari 54% jadi 78%, Critical Damage Naik sekitar 10%an... tapi sayang, element attack turun sekitar 3%.

Kenapa pilihnya element Water? Karena RDN L Grade cuma butuh 3 buah untuk mendapatkan opsi FD, dan Skill Acc Earring ada yang opsi Fire/Ice attack.. Nah, karena Jade Fire dan Lake L Grade di TH lebih murah yang Lake, saya jadinya pilih yang murah... btw, Overall Element Resist di RDN, Ice resist adalah yang Resist nya paling kecil, dibanding element yang lain, lumayan lah ~

Untuk pengguna Light / Dark Element yang ingin menggunakan RDN L Grade Acc, juga bisa sih, tapi kurang asik aja karena ga bisa dikombinasikan dengan Skill Acc Earring yang ada Element Attacknya ~

Q: Kalau full koleunu gmn?
A: Saya sih prefer 2 Skill Ring + Koleunu Earring n Necklace daripada yang Full Koleunu untuk LK yang menggunakan ECJ...



*Old post*
Untuk ACC Lv.90 saya masih no idea, blm pernah liat.

Sementara ini saya masih prefer menggunakan Skill ACC Lv.80.
  • Necklace saya sarankan Crecent Cleave (biar skill Lv jadi 16). Flash stance bisa utk alternatif
  • Earring Halfmoon Slash
  • Ring Moon Blade Dance
  • Ring 1 lagi terserah. Luring cuma nambah damage se-iprit, Brush Off cuma nambah debuff yang dihilangkan jadi 4, Attuned Mind cuma nambah 50 MP / 2 detik, Parry ntah kenapa tadi saya coba craft, tapi setelah dipakai skill nya tetap Lv.2 (ga naik jadi Lv.3) mungkin skill acc nya untuk parry lama yang sebelum update cap 90.
Untuk opsi, Neck+Ear Yang tipe INT / VIT (Sesuaikan kebutuhan)
Untuk Ring saya pakai yang tipe M.atk+Dark/Light element.


Well, Sampai disini dulu sharing skill build LK saya di cap 90, monggo kita diskusi, siapa tau bisa dapet inspirasi baru untuk build LK nya ~

Thank you for reading, see you and Happy Dragon Nest ^_^



Comments

Post a Comment

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade