[Updated] Anu Arendel's Trial Nest - Minimum Requirement dan Party Line Up



Apa kabar semua??
4 hari setelah update patch 8 Januari, saya mw sharing tentang Anu Arendel's Trial Nest nih...
Nest ini ada yang bilang ATN, AATN, atau AON?

Q: kok AON?
A: Yup, karena di DN SEA nest ini sudah release terlebih dahulu dengan nama Anu Arendel's Ordeal Nest... jadi banyak yang singkat AON juga... so.. ATN, AATN, AON.. ya maksudnya sama.

Silahkan baca dulu patch note ATN DN INA disini

Untuk Guide secara lengkap, baca di web tempat saya belajar ATN juga ya... bukan saya yang buat, jadi saya copy kan link nya saja... baca disini

Disini saya mau share pengalaman saya setelah kemarin 5x clear ATN... Sempat beberapa kali gagal karena saya 1 party dengan player yang tidak tepat... terutama yang sering terkena 1 hit die oleh monster di ATN, haha... cekidot.

1. Minimum Requirement.

"Santai aja kk, ATN sama aja kaya Guardian Nest dan Mist Nest"

Yang ngomong kaya gitu mungkin sedang lapar :V
Seriously,, bentuk momonnya memang sama, tapi dari segi serangan dan ketebalan HP jauh berbeda.

Serangan momonnya yang perlu dipertimbangkan disini, karena seringkali rekan party saya terkena 1 hit die, lol. FYI, stomp Kebo Es di stage 3 memberikan damage 500k-1.2M... Adept di party saya pernah terkena tebasan ekor boss sebesar 1.5M... Hmmm...

So, utk party, saya prefer yang HP nya tebal, daripada yang ATK nya besar. (Tentu saja lbh baik yang HP nya tebal + ATK nya besar)

Saran saya untuk minimum requirement:
- HP sekitar 700k-800k minimal (ATK semakin tinggi semakin bagus)
Q: Gimana cara taunya?
A: Lihat aja equipmentnya + Bonus dari Jewel nya... begitu vit cuma 120-an atau 250-an... saya sih mending NO... prefer ke yang menggunakan Vit 805 minimal 5 buah.. atau vit 525 7-9 buah. itu minimal :)...
Untuk para DPS yang modal pas-pas-an, saran saya utk masuk nest ini, tingkatkan dulu HP nya... ganti deh jewel Wind/Wise/Bear nya dengan Life Vitality sementara sampai target HP tercapai...

Q: Damage turun dong nanti bro?

A: Saya prefer DPS bermodal daripada DPS pas-pas-an, wkwk! But seriously, lebih baik damage turun tapi hidup dan bantu hajar momon, daripada damage tinggi tapi cuma nonton jadi hantu.

- Pernah baca guide ATN. Karena ada beberapa pola serangan yang berbeda dengan di GN dan MN. mengetahui pola serangan sangat penting supaya bisa siap2 menghindari serangan-serangan mematikan monster di ATN, terutama yang berpotensi 1 hit die.

2. Party Line Up.
So far, 5x clear ATN dengan random party dan job yang berbeda - beda.

Pengalaman party dalam menghindari serangan2 momon perlu dipertimbangkan untuk menentukan mau pakai berapa healer. Kalau player tidak pandai menghindari serangan momonnya, yah, 5 healer pun mungkin tidak cukup!
2x Run AON pertama, party menggunakan LF sebagai healer tunggal. Namun banyak yang mati (karena memang masih hari pertama keluar jg sih *Alibi*).
3x run berikutnya menggunakan dual healer dengan LF dan Guardian.

Saran saya, kalau yakin partynya pro, yah 1 LF saja cukup, maksimalkan di damage.
Namun, kalau dengan party random yang ga ketahuan skill nya bagaimana, ya amannya pakai dual healer.

Q: Healernya 3 gimana?
A: Sekalian aja ber 6 LF semua.

So... utk party line up.. dari 6 slot maksimal... pendapat pribadi saya

1 slot untuk debuff luring slash (+50% damage, harus ada)

Q: LK atau GL?
A: Sepengalaman saya main GL kemudian beli job change jadi LK... saat pakai LK bisa lebih memperhatikan gerak gerik musuh krn ga harus main jarak dekat sehingga lbh mudah ambil posisi utk dodge.
Perhatikan juga angota party lain tipe p.atk atau m.atk.. kalau m.atk ya pakai LK saja. Cyclone slash LK memberikan +30% magic damage.

1 slot untuk healer (No question, Healer harus ada)

Saya prefer LF untuk healer tunggal. Why?
1. Dibanding healer lainnya, LF memiliki 2 skill heal yang pengunaannya praktis dan range nya jauh.
2. LF bisa bertapa, meningkatkan atk dan deff tim secara signifikan.

Q: AW untuk dark party?
A: AW bisa digunakan untuk PRO party, karena healing skill nya tidak sebaik LF, sehingga jika teman party masih sering kena serangan momon, heal dari AW tidak akan cukup.
Namun, sampai saat ini kebanyakan AW menggunakan build PvP,,, yang build PvE delusional menjadi DPS,, sedikit yang menaikkan Heal dan skill Bertapa nya, So.....?

Apabila butuh 2 healer, saya prefer Guardian. Guardian selain bisa heal, juga punya peran utama sebagai damage reducer dengan GF nya.

1 slot untuk damage reducer (Untuk party pemula....; utk yang jewel sudah rata2 high, lebih baik jangan buang slot untuk ini dan maksimalkan di damage saja)

Damage reducer yang bisa digunakan adalah GF milik Guardian, atau Trans Damage milik class Engineer.
Engineer class bisa lebih efektif, karena selain bisa menahan damage dengan trans damage, juga memiliki damage yang lebih besar dibandingkan guardian. Engineer class juga memiliki debuff yang meningkatkan elementa attack.
Hanya saja, saat mencari random party kemarin, jarang saya melihat engineer dengan HP yang besar, rata - rata masih memakai Low-Intermediate Life Vitality Jewel,,, definitely not enuf!

[Updated] 1 slot utk sub damager (bila anda tidak membutuhkan damage reducer)

Ini job yang bisa digunakan untuk menggantikan slot damage reducer pada party yang sudah lancar AON,,, job kali dengan spirit of genie nya menaikkan all stats+80% yang sangat cocok untuk KOS serigala di stage 3.. Utk tipe atk saya prefer Spirit dancer daripada Blade dancer... utk tipe m.atk Dark summoner ataupun Soul eater boleh deh 2 2 nya...
Crusader juga memiliki damage yang bagus bila diduetkan dengan inquisitor...

1 slot untuk CD Booster

Ini juga peran yang penting di ATN, CD Booster, mempecepat CD skill utk keperluan KOS.
Saya prefer Majesty untuk slot ini, dikarenakan selain punya Fast Forward, Force Mirror, Juga menaikkan dark damage. Namun yah tetap tergantung kondisi party dan selera Party Leader.
Smasher juga dapat digunakan apabila Party mayoritas menggunakan m.atk, karena punya Force Mirror EX.
Tempest dan WW juga memiliki spirt boost. Tempest memiliki Binding Shot Ex (+30% Physical attack) yang WW tidak miliki.

So, Kalau DPS party kebanyakan magic, yah Majesty atau Smasher. Kalau fisik, Tempest. Kalau campur campur WW pun boleh.

2 slot lagi untuk DPS

DPS disini sesuai kebutuhan paty dan selera Party Leader, Apakah mau dibuat mayoritas m.atk, p.atk, atau party elemental (Karena Saint Heaven Defense sudah muncul, tidak lama lagi akan banyak elemetal party).
Overall secara damage yang dihasilkan, pendapat saya, urutan DPS nya seperti ini:

Raven > Artillery > Pyromancer > Adept > Sniper > Ripper

Itu tadi terkait dengan pilihan class menurut opini saya... but overall, mau run AON dengan job apa ya tergantung kondisi party dan selera Party Leader.

Untuk saya pribadi, saat ini suka dengan line up:
LF + LK + Raven + Adept + GearMaster + Majesty

Namun karena masih kesulitan mencari GM+MJ yang sesuai harapan di random party kemarin kemarin jalan dengan line up
LF + LK+ Adept + Sniper/Raven + Guardian + WW... tetap bisa clear :)

[Updated] setelah beberapa minggu berlalu, saat ini saya prefer utk run AON menggunakan KOS party.. dengan tim yang rata2 menggunakan high grade jewel, saya prefer untuk tidak membawa damage reducer dan memberikan slotnya untuk class sub-damager... line up yang saya sukai saat ini:
AW + LK + Raven + Adept + Soul Eater + Majesty... (Karena LK saya menggunakan Dark ECJ)

Dengan line up seperti itu, rata rata bisa sukses KOS serigala di stage 3,, ataupun kill serigala setelah pasang jebakan pertama....

Ok, sampai disini dulu terkait dengan reuirement dan Line up..
Next saya share tentang strategi di dalam nest nya ya..





See ya and Happy Dragon Nest ^_^V

Comments

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Ice Dragon Nest Tips and Trick (Saint PoV)