Red Dragon Nest Guide - INTRO

Selamat malam semua, piye kabare?



Kali ini saya akan sharing Guide Red Dragon Nest.
TBH, saya membuat Guide ini karena masih banyak member Guild Gestapo yang belum mengerti RDN, Juga dimotivasi dengan adanya request untuk membuat guide RDN setelah selesai membuat guide Daidalus Hardcore kemarin.
Akhir – akhir ini saya sering ketemu member Guild di BC yang equipnya sudah bagus, namun saat diajak RDN ternyata belum mengerti stage nya, padahal saat ini equip RDN Unique masih bersaing dengan Equip Epic Lv.90, dan yg paling penting, di TH equip RDN masih bisa dijual dengan harga yang lumayan (Terutama weaponnya), so, sayang sekali kalau equip sudah bagus tapi tidak dimanfaatkan buat mencari sesuap nasi di RDN, hehe...

Sedikit curhat, saya juga termasuk yang telat belajar RDN, saat Memo keluar saya sudah bisa lancar stage 1 dan 2, namun saat keluar RDN nya saya pindah kerja dan vakum sekitar 2 bulan, saat ketemu koneksi internet yang waras lagi, ternyata sulit sekali mencari Guide dengan deskripsi tertulis, di youtube saya belajar RDN dari Guide Tzushock tapi hanya ada sampai stage 4, Untuk stage naga saya hanya menonton tanpa tau dengan persis sebenarnya mereka lagi ngapain disana, haha.
At first, mencari tim di party liar sulitnya luar biasa, mostly untuk dodge stomp di stage 1 saja sudah susah payah, kalaupun lancar di stage 1, ada saja yang dc dan bertindak aneh – aneh di stage 3. Ketemu stage 4 sudah bahagia luar biasa, tapi selalu wipe out karena kelakuan bola biru :v

Butuh tim yang kompak serta koneksi lancar dan pengalaman untuk bisa lancar RDN, sayangnya, player berpengalaman di party liar enggan untuk membawa player yang masih belajar dengan mensyaratkan –Clear. IMHO, kalau tujuannya clear, memang sebaiknya jangan bawa pemula, apalagi pada party liar yang kekompakannya dan kelancaran koneksi masing – masing player belum ketahuan, karena di setiap stage ada potensi wipe out 1 party bila ada player yang tidak mengerti mekanik stage.

Setelah bersabar latihan sekian lama, lucky me, diajak run bareng party member Guild yang sudah lancar RDN, dan tidak keberatan bawa saya yang baru ngerti sampai stage 4. Sejak stage 5 saya diajarin sampe die karena hujan api di Naga phase 2. Mostly setelah diajarin sambil melihat langsung, sudah lumayan lancar di run – run berikutnya, butuh beberapa run untuk lancar di lompat – lompat RDB hingga akhirnya lancar juga.

Saat ini Guide serta Video RDN di youtube sudah jauh lebih banyak, player yang lancar RDN juga semakin banyak, bawa 1 atau 2 player yang bertingkah aneh dan jadi hantu saat run pun masing bisa clear, so, buat yang belum, segera latihan, pantaskan equip dan hapalin mekanik – mekanik stage nya, sebelum equip RDN uniq menjadi tak berharga. Kalau bisa lancar dan run HC juga kan lumayan, kalaupun gak minat pakai equip RDN HC karena biaya tempa yang macam gemscool, scale nya kan masih bisa ditukerin mercenary pouch / heraldy epic Lv.90 per-scale nya :"v

Q: Terus equip minimal gimana untuk RDN?
A: Oke kita bahas sekalian party setup ya ~


Party Set Up and Minimum Requirement



Saran saya, yang perlu dibawa untuk RDN, serta dari komposisi party yang biasa Run:

2 Healer : Saint (Wajib bawa karena cure relic nya), di duetkan sama Physician / LF.
1 Tanker : GF nya luar biasa. Provoke juga sangat penting di Stage 2-3-5 dan Naga.
5 Lagi DPS dan Support.

DPS dan Support Dikombinasikan agar semua debuff ada di party.
-Damage amp (Luring, walking target, dll)
-Reduce crit resist (Cyclone slash, dll)
-Reduce ele resist

Juga dari job yang party buff nya berbeda agar party buff juga lebih banyak.
+10% Damage dari Swodman
+10% FD dari ruina
+HP dari cleric
+10% Crit rate dari archer, dll
+wax juga penting di RDN, tapi harus hati – hati cast nya karena dalam beberapa mekanik wax berpotensi membuat player mati ~

Untuk equip, sebenarnya beda peran beda kebutuhan, tapi karena equip ada banyak dan repot kalau harus membahas satu - satu, kita bahas dari sisi stats nya aja ya.

IMHO, Paling penting kejar HP dulu sih, apalagi yang masih latihan, selama latihan kita harus punya HP yang cukup agar saat terkena serangan, Healer masih punya waktu untuk cast Heal dan Cure.
Saran saya HP setidaknya 1.5 jt untuk Run RDN.

Q: Kalau ga sampe segitu gmn? Temen saya ga sampe segitu bisa clear no die.
A: Angka 1.5jt sekedar saran untuk yang mau mulai latihan. Sesuaikan saja dengan kemampuan dodge seranganmu, Kalau dodge sudah tingkat dewa hingga yakin bisa 100% dodge/block serangan sekalian burn-nya sampai stage selesai ya HP 10 ribu pun bisa – bisa aja ~

Coba mampir di Video stage 4, saat ada player yang gagal di mekanik bola biru, HP saya yang kalau full buff 2.5 jt Cuma tersisa 400 rb, 1 player sekarat, 3 player langsung die seketika ~

Untuk stats lainnya...

Untuk Healer dan Tanker sih yang penting Survival, HP – VIT – Deff,
Untuk DPS dan Support, setelah HP aman, Baru kejar damage dan crit,

But mostly, yang peling penting bukan statsnya, melainkan kekompakan serta koneksi.

Kalau ketemu party yang cocok, jangan ragu untuk add friend atau bikin party permanen sekalian.
Cek ping sebelum run, saat koneksi lagi jelek, jangan ragu untuk nolak ajakan Run, karena sangat repot Run bareng player yang koneksinya lagi down. Kalo sekedar DC DC sih mending, kalo nge-lagg sampe bikin party wipe out kan repot.

Guide RDN yang saya buat nantinya akan dilangkapi dengan Video yang sudah saya upload di youtube (klik disini untuk lihat video) serta keterangan waktu di Video pada guide nya, jadi sambil baca bisa sambil liat penampakan serangan / mekanik serta bagaimana cara mengatasinya.
Guide yang akan saya buat saya bagi menjadi 4 bagian, dan akan saya buat dari Part 4, 3, 2, dan terakhir 1, dikarenakan kebanyakan sudah lancar sampai stage 3-4, namun masih buta di Stage akhir.

silahkan di klik link nya, kalau belum bisa di klik berarti belum saya ketik, haha ~

Well, I’m not really the expert, but I’ll do it anyway, semoga bermanfaat untuk kemajuan Guild Gestapo dan semua yang baca.

Red Dragon Nest Guide Part 1. Stage 1 dan 2
Red Dragon Nest Guide Part 2. Stage 3 dan 4
Red Dragon Nest Guide Part 3. Stage 5 dan Black Dragon's Phantom
Red Dragon Nest Guide Part 4. Red Dragon Feder Phase 1 dan 2




See you and Happy Dragon Nest ~




Comments

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade