Lancea: 1st Impression

Siang~

Akhirnya Lancea muncul juga... di hari kedua kemunculan lancea ini, saya akan sedikit sharing tentang 1st impression dari job yang baru keluar ini.
Apa yang tertulis adalah opini pribadi saya setelah menggunakan Lancea kamarin,, so,, sangat mungkin dan boleh saja apabila ada yang memiliki opini berbeda...



Physical and Gesture


Tbh, ketertarikan saya membuat char Lancea adalah karena bentuknya yang lucu dan gesture gesturenya yang soo cute~
Char Dede jelas mendapatkan saingat sebagai char paling unyu se verathea~

Gesture Laugh, Wave, dan Anger dengan gerakan menendangnya really something~
Char ini juga dilengkapi dengan gesture pup, eh sit maksudnya...

Well, for me, Generally Lancea is...
Physically toooo cute to be missed !!!


Classes and Possible Party Game Play



1st Advancement Job. PIERCER

Nothing to note but the incredible Harmonize Skill.
Buff ini membuat skill STR AGI INT menjadi sama angkanya mengikuti yang paling tinggi (ex: STR 100, AGI 100, INT 20000, dengan buff harmonize maka STR menjadi 20000, AGI menjadi 20000, INT tetap 20000 karena INT adalah stats tertinggi)

Buff selama 20 detik, dengan CD selama 60 detik. So, basically hanya butuh 40 detik untuk menunggu Lancea class mengeluarkan Harmonize kembali.

Overall output harmonize bagi class berbasis STR/AGI dan class berbasis INT berbeda.

STR/AGI sama-sama meningkatkan Attack Power, sehingga class berbasis STR akan mendapatkan boost attack power dan crit rate (dari peningkatan AGI) serta boost crit damage (dari peningkatan INT). class berbasis AGI akan mendapatkan boost attack power dan crit damage (dari peningkatan STR) serta boost crit damage (dari peningkatan INT)

Sedangkan, char berbasis INT hanya mendapatkan boost crit damage (dari peningkatan STR) dan boost crit rate (dari peningkatan AGI) tanpa bonus magic attack.

btw, Hanya STR AGI INT ya yang mendapatkan efek skill ini. VIT tidak terpengaruh~

1 word for this skill:  AWESOME !


2nd Advancement Job. SPEAR MAIDEN (Flurry) dan MYSTIC LANCE (Sting Breezer)

Kedua Class dapat menjadi Support Class dan Possible DPS class

Sejak Menjadi Piercer, class ini memiliki 2 skill support ajaib, serta 1 skill penambah damage yang juga sangat ajaib

Support Role Skill

Scar Maker. Pada Lv.5 akan membuat area berwarna merah dengan efek buff Magic Attack and Attack Power Increase 40%. (Durasi area 10 detik, durasi buff 5 detik)
Will Maker. Pada Lv.5 memberikan buff 28% damage reduction (Durasi area 10 detik, durasi buff 5 detik)

Basically, 2 skill support itu bisa memberikan tambahan 40% damage dan 28% damage reduction selama 15 detik (10 detik selama berada di area + durasi buff 5 detik setelah area hilang),, 2 Buff yang sangat berguna di party. 15 detik menurut saya pribadi adalah waktu yang cukup utk melakukan KOS.

Possible DPS Role Skill

Erratic Power. Skil ini meningkatkan 16% movement speed dan 60% Final Damage pada diri sendiri.
Woooot !!! 60% FD !!! So yeah, with this skill, menjadi DPS Role is possible.

Kenapa cuma possible? Nanti kita bahas dibawah~


Sekarang....
Kita bahas 1 1 Keunikan Class dari segi PVE ya~


MYSTIC LANCE (nama populer di server luar Sting Breezer atau SB)
Lancea yang menggunakan Magic Attack skill sebagai serangan andalannya.

imho, class ini akan menjadi class yang memberikan kontribusi besar bagi Light Party.
Selain Support skill yang dibahas diatas, Mystic Lance menggunakan skill berelemen Light, dengan kemampuan Meningkatkan Light Elemental Party, serta Memberikan debuff Reduce Elemental Resist.

Well, prediksi saya kedepan, Mystic Lance menjadi class yang wajib dibawa untuk 6 Man dan 8 Man Light Party Kedepannya. Bapak - Bapak Crusader mungkin kedepannya enggan untuk Run Nest tanpa di support Harmonize, haha~


SPEAR MAIDEN (nama populer di server luar Flurry)
Merupakan Lancea yang menggunakan serangan berbasic Attack Power.

Berbeda dengan ML/SB yang berelemen light, SM/Flurry class dengan serangan non elemental.
Keunikan Flurry adalah kemampuannya untuk memberikan debuff "Show Weakness" kepada lawan, efek nya adalah 10% Physical Defense Reduce.

Ultimate memberikan 100% chance "Show Weakness" selama 5 detik. Lv.65 Passive Skill memberikan setiap serangan memiliki 5% chance debuff "Show Weakness" selama 2 detik.

Sangat berguna, namun hanya physical defense yang dikurangi. Tentunya class dengan basic serangan Magic Attack tidak dapat ikut menikmati debuff ini.

Btw, Skill Spear Maiden Lv.45 akan mendapatkan 1000% damage increase apabila menyerang musuh yang dalam keadaan "Show Weakness",, mmm,,

Berbeda dengan ML/SB yang diprediksi akan menjadi primadona Light Party,, nasib Flurry sepertinya belum jelas... Dikarenakan party saat ini banyak yang menggunakan tema elemen untuk memaksimalkan damage, Flurry membutuhkan ECJ (baca tentang ECJ disini) untuk bisa memasuki party ber-elemen.

Pertanyaannya kemudian....

Q: Ambil ECJ apa ya?

Well, Light Party tentu saja lebih tertarik dengan Mystic Lance. Membawa 1 class lagi yang sama - sama men-support dengan Scar dan Will Maker adalah pemborosan slot.
Setup biasanya Light Party adalah class yang menggunakan Magic Attack (Crus, Inqui, Mystic Lance, Light LK), sehingga debuff "Show Weakness" bukanlah penawaran yang menggiurkan, hehe.. *walaupun ada crus yang fokusnya STR*

Q: Kan ada harmonize yang bisa bikin stats INT dan STR Crus sama?
A: Mystic Lance juga ada harmonize~

Move on ke Dark Party, Well, Setup biasanya dark party ada LF/AW, RV, Dark LK, Majesty, SE/DS... untuk 6 man party masih ada 1 slot optional, untuk 8 man raid party masih ada 3 slot optional... tapi Masih ada archer class terutama sniper yang baru mendapatkan THR revamp, engineer class dengan berserk remover TD dan high damage, Saint yang bisa menjadi 2nd support... Flurry situ siap bersaing kah?

Move on ke Fire Party, setup biasanya sudah diisi Ripper, Pyro, Adept, Fire LK, Paladin Class... Masih ada 1 slot optional untuk 6 man, 3 slot optional... sama saja mau masuk Fire Party: Flurry situ siap bersaing?

Move on ke Ice Party, eh... Ice party ga ada ya... lupa ;p

"OKE, DARK ATAU FIRE PARTY !!!"

Masih ada 1 pertanyaan lagi,,,,
Q: Memangnya Dark / Fire Party di Party Liar ada banyak?

Hahaha...

So, sepertinya, Flurry harus well geared untuk bisa masuk party liar, dan kecil kemungkinan akan ada party yang mengetik -Flurry atau -SM di judul partynya... tapi kan ga semua party adalah party liar...

Kembali lagi ke lingkungan masing - masing. Situ teman - temannya pada pakai ECJ apa? Mayoritas run Party Elemen Apa?
Karena sepertinya, hanya Teman lah yang dapat memudahkan Flurry / SpearMaiden bisa mudah mendapatkan party. Karena bila mencari di party liar, yah seperti diataslah yang akan terjadi :)


Melanjutkan Possible DPS Role diatas

Setelah melihat kelebihan masing - masing class, dengan Support Skill, dan Debuff serta Element Buff yang ada, ditunjang dengan equipment yang ++ dan $$$, maka bisa - bisa saja SM dan ML memberikan kontribusi damage yang besar.

Namun, Membutuhkan pengalaman dan insting yang bagus untuk bisa menempatkan skill - skill ritual Buff dan Debuff serta Timing Erratic Power yang Pas untuk kemudian bisa Menghasilkan damage Output yang besar.

Kesulitan yang akan dihadapi, Scar serta Will maker memiliki area yang lumayan sempit, sedangkan Monster yang ada sekarang memiliki mobilitas tinggi. Apabila ritual Buff-Debuff belum selesai namun monster sudah lari ke area yang jauh dari lokasi Scar-Will Maker, yah, sudah, Mulai dari awal lagi, Seperti ngisi bensin..... "Mulai dari 0 yaaaaa ;p"


Leveling Suggestion


"Aduh, lancea susah amat levelingnya, serangannya ga ada damagenya >.<"

Itu kalimat yang beberapa kali saya baca, well, Lancea memiliki skill yang berbasic damage attack power dan magic attack.

Akan sangat sulit untuk menggunakan keduanya, karena sangat sulit untuk meningkatkan attack power dan magic attack secara bersamaan, apalagi hanya untuk leveling.

Seperti pada class lainnya, meningkatkan magic attack lebih sulit daripada meningkatkan attack power. So, saran saya untuk leveling Fokus saja menaikkan skill - skill dengan basic Attack Power (Skill Jalur Spear Maiden) karena akan menghasilkan damage lebih besar dan memudahkan dalam leveling.

Pengalaman saya memainkan Lancea, skill Spinning Cut Down, Lollipop Choops, atau Spinning Swing selalu sukses membersihkan 1 mob monster dalam 1x serangan. Tentunya dikombinasikan dengan Erratic Power dan Scar Maker.

Q: Tapi kan saya mau jadi MYSTIC LANCE bukan SPEAR MAIDEN?
A: FYI, ada reset skill gratis dari hadiah change job Lancea ke Piercer. Ada reset skill gratis dari box Lv up (30, 50, 70, 80). Ada 2 reset skill gratis dari rank Colo. Dari sekian banyak reset skill gratisan, boleh lah salah 1 dipakai saat sudah berganti job ke Mystic Lance atau saat Lv sudah Max :)




Dan mari kita membahas 2 hal yang akhir - akhir ini sangat populer hingga membuat saya termotivasi untuk membuat posting ini...

Bikin Lancea Gak Ya? Spear Maiden atau Mystic Lance ya?


Well, tanya lagi ke diri sendiri, mau dibuat PVP, PVE, atau PVP sekaligus PVE ?

Untuk PVP, keduanya bagus - bagus saja... PVP setara on tidak membutuhkan modal besar untuk gear nya.

Untuk PVE, Tentunya membutuhkan Gold yang lumayan besar untuk gear nya.
Dari deskripsi di bagian sebelumnya, SpearMaiden menghadapi persaingan yang lebih berat dibandingkan MysticLance untuk bisa PVE bersama party liar.

Light Party akan mencari MysticLance, ketemu yang gear bagus ok, kalo ga ketemu - ketemu yang bagus, yah yang standar jg dibawa gpp, toh sama2 bisa Scar-Will Maker + Buff n Debuff Light Element.

Beda Cerita dengan SpearMaiden yang belum tentu ada yang nyari untuk PVE. Kalau tiba - tiba masuk party, mendekat ke Party Leader, dengan equip seadanya, yahhh,, u know what will happened next :)

Simply, utk PVE, imho SpearMaiden membutuhkan a lot $$$ to survive.

Menyimpulkan jawaban pertanyaan di Judul Pembahasan dengan pertanyaan:

Q: Situ buat Lancea mau PVP apa PVE? Kalo PVE udah siap Gold Berapa?


Untuk gambaran: 2 minggu yang lalu saya membuat Cryomancer saya PVE Ready. Dengan gear seperti dibawah:

Armor dan senjata Meteor/Asteroid set +8/9
Skill acc lv 70
Jewel Epic Lv.80 utk armor dan Senjata
Jewel Intermediate Epic Lv 70 untuk acc
Heraldy Epic Lv.50-70 (beberapa dapet dari wonderful)
Heraldy Unique FOD nyari sendiri, ga beli
Skill heraldy EPIC dari TH
Skill Jewel Lv 70 dari TH
Talisman magic lv 80
Costume magic gratisan dari event login

Habis sekitar 30k Gold, Termasuk biaya jelly dan altheum untuk nempa di om kumis, hehe....

Siap2 aja dah kl mau jadi char PVE....


*Saat ini saya membuat lancea, masih Lv 37, hanya untuk mejeng di BC karena unyu, tidak ada rencana untuk di level up kan lagi karena ga kuat modal, hahaha*




Well, sekian 1st Impression dari saya terkait job yang baru muncul ini... Yang terketik diatas merupakan opini pribadi, semoga bermanfaat~


Anyeoong Anyeoooooongggg :3



Comments

  1. alo broo, ripiw nya keren nih, baru tau ada ecj hahah

    btw, numpang tanya juga nih
    kan sekarang lancea cuman ada 1 job yaitu piercer, kalo udah jadi piercer nih yah, entar pas ada update an job lain selain piercer, job nya direset gak sih biar kita bisa ngincip job baru tsb? ato kita kudu bikin char baru lagi biar bisa ngincip job tsb? kalo pake cash sih gw tau cuman mahaaaal ><

    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara ini, di DN negara asalnya belum ada pilihan job lain selain Piercer... setelah Lancea Relese, yang dilakukan malah membuat job baru (Dark Avenger) dan Membuat Char baru (Machina) ,,, dan Update terbaru yang akan diimplementasikan disana adalah 3R revamp... So,, belum ada kabar tentang advancement job selain Piercer pada lancea lv 15... ~

      Delete
  2. eh mau nanya,
    lancea main attack power apa magick attak?
    trs main AGI, STR, INT , VIT ? , Ligh, Dark atau apa yg lainnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung job apa... Saran saya...

      Kalau spear maiden, mainnya physical attack (dan element attack jika menggunakan ECJ).
      Kalau mystic Lance, mainnya magic attack + Light element karena mayoritas skill nya ber-elemen light.

      untuk stats... karena peran nya lebih ke support (spam scar+will maker dan harmonize) saran saya Survival lebih diutamakan... maksimalkan vit, kemudian kejar element attack (light untuk mystic lance, Spear maiden sesuai elemen ECJ yang digunakan).

      Next baru kejar atack power (STR) untuk spear maiden, dan magic attack (INT) untuk mystic lance... seimbangkan dengan agi untuk mengejar crit... 50% crit rate sudah lumayan, ga usah ngejar 89%, toh banyak job yang bisa menaikkan crit rate party :)

      Delete
    2. And more, selama main bareng lancea,,,, harapan saya sih yang penting timing dan lokasi masang scar+will maker nya pas.... timing harmonize juga pas saat ada kesempatan kos...
      Ga terlalu ngarep damage dari lancea...,, scar+will maker dan harmonize timingnya oke udah cukup ~

      Delete
  3. mantap bro sangat membantu :) Lanjutkan Review kelas-kelas lainya

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Elemental Converter Jade