Red Dragon Nest Guide Part 4

Malaaam ~

Kita memasuki Part terakhir dari Guide RDN yang saya buat...




Part 4 ini berisi Guide melawan Red Dragon Feder Phase 1 dan 2.
Sengaja saya bagi 2 Phase karena memang dilakukan di 2 map yang berbeda..
Oke, langsung aja ya ~

Red Dragon Feder Phase 1






Pada phase 1 Naga, kita ada di atas platform segi 4, Naga akan menyerang berpindah – pindah dari salah satu sisi.

Tornado (00:15)
Naga mengembangkan sayapnya, player akan terikat dengan mekanik spasi dengan serangan tornado di lantai masing – masing player, setelah sukses spasi, segera cari lantai yang aman.


Eye (00:25)
Naga terbang ke salah satu sisi kemudian muncul notifikasi “Red Dragon Feder Mengutuk Seseorang”. 
Akan ada salah 1 player yang dikutuk dengan mark hitam, player dengan mark akan dikelilingi lingkaran hitam dengan efek 1 hit die pada semua player yang menyentuh lingkaran tersebut. Naga akan menyemburkan api pada lantai berwarna merah. Area aman ada di depan kanan dan kiri map.
Wax lantai tengah. Player dengan mark harus memisahkan diri ke kanan, sedangkan player tanpa mark berkumpul di kiri.
Pada video saya yang diberikan mark oleh Naga, sehingga saya menghindar ke kiri.


Claw Swipe (00:42)
Tangan Naga akan kesamping dengan aura berwarna merah, kemudian Naga akan mencakar dengan efek burn. Area aman adalah di arah berlawanan dari cakar naga.
Pada video, pertama Naga mencakar dengan tangan kanan, saya menghindar ke pojok kanan map (kiri naga), kedua Naga mencakar dengan tangan kiri, serangan saya Parry, damage cakar tidak masuk, tapi efek burn tetap ada.


Dragon Breath. (01:09)
Naga akan terbang kemudian muncul di arah jam 12 map dengan notifikasi “Serang kepala red dragon feder untuk mencegah serangan nafas”. Party harus memberikan damage kepada Naga hingga Indiktor Bar Habis dalam 15 detik, ditemani angin yang mendorong player menjauh dari naga serta fireball yang jatuh pada lantai dengan tanda lingkaran merah.


Stomp (01:59)
Naga mengangkat tangan kanan ke atas, kemudian melakukan stomp. Stomp memberikan efek slow. Pada video, saya terlambat menghindari stomp, damage sekitar 600 rb (P.deff 37%)

Phase 1 berlangsung hingga bar x16


Red Dragon Feder Phase 2




Ini stage terakhir dari RDN, posisi yang aman untuk melakukan burst DPS sama dengan BDN, yaitu disamping cakar Naga.
Usahakan Party berkumpul di salah satu cakar saja, hal ini agar memudahkan proses ReBuff serta Cure karena pada stage ini ada banyak serangan dengan efek burn.

Tanker posisinya di depan Naga sih, untuk maintenance agro Naga supaya Naga tidak berubah posisi dan DPS bisa fokus burst damage, tapi karena saya tidak ada pengalaman sama sekali menggunakan Tanker jadi saya tidak akan bahas di Guide ini.

Serangan dan Mekanik Naga Saat Tidak Terbang.


Totem (00:05)
Tangan kiri naga diangkat ke atas kemudian ditancapkan ke dalam tanah, party terjebak mekanik AD-AD dan efek clear buff, di sekitar party akan muncul 1 Totem. Totem semakin lama akan membuat area berwarna merah yang memberikan damage, sehingga harus segera dihancurkan. Jangan lupa untuk ReBuff apabila muncul mekanik ini.


Claw Swipe (00:14 fire bladenya) (00:29 cakarnya) (02:14 untuk timing dodge nya)
Sama seperti di phase 1, cakar ke kanan atau ke kiri dengan aura merah, setelah cakar sampai depan Naga, akan ada fire blade ke 3 arah yang memberikan efek burn. Hindari serangan ini dengan menggunakan iFrame (Tumble, dll yang membuat shield putih pada karakter)


Confuse Roar (00:18)
Naga akan melakukan roar, efek party confuse run ke pinggir map dan harus membebaskan diri dengan mekanik spasi, pinggir map merupakan lava yang akan memberikan damage terus menerus + burn bila gagal terus dalam mekanik spasi.
Pada HP bar Naga yang rendah, Skill ini akan ditambah dengan hujan fireball pada lantai yang ditantai mark lingkaran merah


Skill Lain
Naga juga dapat menyerang dengan gigitan ke arah depan dengan meninggalkan lantai merah yang memberikan damage terus menerus (05:08).
Selain menggigit, naga juga memiliki semburan di arah depan (Tidak ada di video). But reallly, itu 2 serangan urusannya Tanker, haha. Untuk DPS, Support dan Healer cukup hindari bagian depan Naga.
Selain bagian depan, Naga juga memiliki Tail Swipe (Seperti serangan ekor di DDN) (Tidak ada di video), Tail swipe hanya dikeluarkan apabila ada char yang nyasar di bagian belakang Naga.


Serangan dan Mekanik Naga Saat Terbang


Hujan Api (00:37)
Naga terbang, kemudian muncul notifikasi “akan ada hujan api”,
Naga akan menembakkan fireball 4x ke setiap player, setiap fireball akan ditandai dengan area lingkaran merah dilantai yang memberikan damage terus menerus. Untuk melewati mekanik ini, party harus berkumpul dan berjalan bersama – sama menghindari fireball supaya tidak terlalu banyak lingkaran yang ada di map pada akhir mekanik.
Perhatikan timing menghindarnya, mulai jalan ke 1 arah bersama – sama setelah ada tanda lingkaran merah, jangan kecepetan ya :p
Selesai fireball ke 4, Naga akan melakukan stomp, siap – siap lompat. Liat timing lompat di (00:54) (03:02) (04:58 Gagal dodge stomp karena terlalu cepat lompat)


Three Spirit (01:30)
Naga terbang, kemudian muncul notifikasi “Spirit energy memberikan kekuatan kepada Feder.
Bunuh spirit untuk menghentikan spell yang kuat”. Akan ada 3 spirit yang spawn di map, warna putih, ungu, dan merah-biru. Spirit harus di kill dengan urutan Putih > Ungu > merah-biru sebelum waktu habis.
Tantangannya adalah kita harus kill spirit secara berurutan dengan menjaga agar tidak ada spirit yang berdekatan, karena spirit akan mendapatkan shield immun bila berdekatan dengan spirit yang lain. Sebelum masuk Phase 2 ini, sebaiknya dibagi tugas terlebih dahulu, siapa yang harus agro ungu dan siapa merah-biru, sisanya kill spirit secara berurutan.
Untuk 2 player yang mendapatkan tugas agro, cukup serang spirit targetnya dengan serangan biasa dan bawa spirit menjauh dari spirit yang lainnya, Tanker jangan gunakan provoke pada mekanik ini ya ~


Compressed Ball (02:52) (04:46)
Naga terbang, kemudian muncul notifikasi “compressed ball of magic akan meledak jika menyentuh tanah”.
Kemudian muncul 4 lingkaran merah dengan mark di tengahnya, tugas kita adalah memastikan ada player yang berdiri di mark tersebut agar fireball yang jatuh di mark tersebut tidak menyentuh tanah. Cukup 1 player di setiap lingkaran, kalau di setiap lingkaran sudah ada yang isi, yang lainnya anteng aja diluar lingkaran menunggu mekanik selesai. Sambil siap – siap dodge stomp di akhir mekanik

Eye (03:20)
Naga terbang, kemudian party ditarik semua ke 1 tempat, dilanjutkan dengan notifikasi “Red Dragon Feder mengeluarkan nafas kuat”.
Tidak lama setelah itu Naga akan memberikan mark ke salah 1 player. Sama seperti di phase 1, player dengan mark ke kanan, player lainnya ke kiri agar tidak terkena lingkaran di sekitar player dengan mark.
Jangan lupa wax lantai tengah untuk mempermudah lari ke kanan dan kiri nya ~


RDB (03:55)
RDB (Rotating Dragon Breath) biasa digunakan untuk mekanik semburan Naga, walaupun di RDN ini sudah nggak Rotating lagi kaya DDN dan BDN, tapi gapapa lah ya pake istilah RDB.

Naga terbang, kemudian muncul notifikasi “Red Dragon Mencoba Membakar Lantainya, panjat batu untuk menghindari Feder’s flames!”.
Panjat batu – batu yang ada di tengah hingga ke platform paling atas. Platform paling atas berbentuk segi 4. Setiap sisi mengarah ke 4 arah jam berbeda, yaitu jam 6, 9, 12, dan 3. Di masing – masing arah jam tersebut ada platform dengan aura biru yang merupakan titik aman dari mekanik ini. Namun untuk mencapai platform disana, harus lompat – lompat melewati platform yang apabila diinjak akan segera jatuh. Di setiap sisi akan muncul 2 jalur lompat – lompat ke arah titik aman.

Trik nya, setiap 1 sisi diisi 2 player (karena ada 2 jalur aman), dan masing – masing job harus mencari style lompat – lompat yang cocoknya. Saran sih jangan gunakan wax baik saat di bawah maupun saat di platform puncak karena biasanya masing – masing player sudah punya style lompat – lompat yang biasa dilakukan tanpa wax. (Saat menggunakan LK, lompat – lompat ke puncak platform saya tanpa hide weapon, lompat ke titik aman dari puncak platform hide weapon, saat menggunakan Saint / Snip saya hide weapon dari sejak di bawah, monggo saja cari style yang cocok untuk char nya masing – masing, yang penting sukses sampe titik aman ~)

Pada video, saya mengambil sisi yang mengarah ke jam 9, saya ambil jalur kanan, dan sudah ada teman party yang mengambil jalur kiri. Di Video banyak yang jatuh karena platform puncaknya di wax, dikerjain agus, jangan dicontoh ya :p

1 Skill yang tidak muncul pada Video.
Naga terbang, kemudian muncul notifikasi “Lupa kata – katanya”,
kemudian dilanjutkan dengan muncul seperti hembusan angin dari tengah map.
Mekanik ini mirip seperti hujan api, bedanya Hanya 1x dan Lingkaran merah di lantai ukurannya jauh lerbih besar. Apabila mekanik ini muncul, mengatasinya dengan berkumpul di Mid agar lingkaran merah terlokalisir disitu saja, setelah lingkaran merah muncul segera kembali ke salah 1 sisi cakar naga. Saya lupa diikuti stomp atau tidak di akhirnya. Will update later ~


 Yuup, itu phase terakhir dari Red Dragon Nest, selamat menikmati cut scene setelah kill Naga nya ~

Silahkan jika ada yang mau didiskusikan atau ditambahkan maupun dibenarkan yang salahnya bisa langsung comment di bawah,

Semoga bisa bermanfaat untuk semua yang baca Guide RDN ini.

See you !!!





Comments

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Elemental Converter Jade

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70