Ice Dragon Nest Tips and Trick (Saint PoV)


Apa kabar semua? pada blog post kali ini, saya akan share tentang tips dan trik melewati Ice Dragon Nest dari PoV Saint. Sebenernya job lain pun ga begitu berbeda strateginya, namun pada post ini saya fokuskan ke saint, karena peran saint sangatlah penting dalam sebuah party. Saint yang gugur di medan perang, bisa mebuat 1 party ikut dikubur ~

Too bad, pembuatan guide ini banyak terhambat prioritas yang lain, namun akhirnya selesai juga..
Yah, walaupun saat ini menyelesaikan Ice Dragon Normal hanyalah membuang - buang waktu dan tenaga... difficulty Hardcorenya harus tetap harus di gas, karena equip IDN-L Grade saat ini masih sangat berguna, terutama buat kamu yang ingin segera merasakan Rune Dragon Nest Hardcore ~





STAGE 1



Pada umumnya, Kodiak akan dibuat berputar oleh Tanker, pada saat ini selalu spam CURE RELIC, HEALING RELIC, DAN BIND RELIC. Namun, pastikan posisi tiang tidak terlalu dekat dengan Kodiak, karena dapat menghalangi lintasan berputar tanker. Pada kondisi party dengan DPS pas-pas-an, bind relic boleh juga tidak di spam kemudian di reserve untuk hanya digunakan saat mekanik Super Armor, Ganti Bar, Bola Hijau, dan Clone saja.

Apabila agro terlepas dan Kodiak berhenti berputar, segera cast MIRACLE RELIC untuk mengurangi damage serangan Kodiak pada party (Note: pada last bar, simpan MIRACLE RELIC hanya untuk mekanik clone). Apabila Kodiak ada ancang ancang melakukan stomp. Segera Cast BLOCK dan PROTECTION SHELL. Simpan skill BLOCK hanya untuk stomp sebagai garansi no die jika timing jump kurang pas.

Pada last bar, jangan sembarangan cast MIRACLE RELIC, yang di bar sebelumnya MIRACLE RELIC di spam saat kodiak tidak berputar, saat last bar simpan dan hanya keluarkan saat mekanik clone.

Rebuff yang rajin, selalu ambil buff anti reduce defense (Buff hijau), hapalkan pola serangan boss dan anak – anaknya agar heal tidak kena cancel. Apabila party tidak menggunakan tanker atau tankernya tidak bisa membuat Kodiak berputar, fokuskan CURE RELIC untuk tanker.

Staying alive, pada mekanik CHAOS RAIN, perhatikan timing confuse, hati – hati jika terkena cure saat mekanik tersebut, eazynya, pencet tombol AD untuk menghindari lingkran merah tanpa harus mikirin debuff confuse nya ~

*Note: Pada difficulty HC, tidak ada hal yang perlu menjadi perhatian khusus.


STAGE 2



1st off all, sangatlah penting untuk mengetahui bahwa Ballapa mengeluarkan SKILL SERAP setiap 80-90 detik, dan posisi Saint sebagai job paling nganggur (apalagi kalo player party sudah pro dalam dodge) seharusnya bisa menghitung, atau setidaknya mem-backup member party yang bertugas menghitung serap. Gunakanlah durasi buff Muffin / Salad atau Party Buff untuk memperkirakan kapan SKILL SERAP akan di cast oleh Ballapa. Tentunya, jika ingin menghitung menggunakan party Buff, hanya lakukan Rebuff saat SKILL SERAP muncul, dan mintalah Cleric lain di partymu untuk me-nonaktif-kan Party Buff mereka. Btw, jangan lupa, SKILL SERAP pertama kali di cast oleh Ballapa saat HP Bar ada dibawah 99%.

Sepanjang perjalanan stage, pastikan CURE RELIC selalu on, tempatkan di sekitar tengah map agar semua party member tau harus kemana jika membutuhkan cure. Tunda CURE RELIC jika SKILL SERAP akan segera dikeluarkan oleh Ballapa untuk menghindari auto-kill summon (termasuk RELIC).
*Note: Player Saint yang ikut menghitung serap, bisa lebih baik dalam timing casting CURE RELIC

Spam MIRACLE RELIC setiap CD selesai. Sama seperti stomp Kodiak, stomp Ballapa juga bisa di block. Setiap Ballapa akan mengeluarkan STOMP (ditandai dengan lari menyeruduk kedepan, lalu uppercut, melayang di udara selama sekitar 2 detik, kemudian STOMP), cast BLOCK dan PROTECTION SHELL.

Staying alive, agro Ballapa sering berubah – ubah, sehingga kita tidak bisa mengandalkan Tanker untuk memberikan posisi yang aman untuk Member Party lainnya melakukan serangan dan support. Namun, hampir seluruh serangan Ballapa dilakukan ke arah depan, sehingga cukup mudah untuk menghindarinya: “JANGAN DI DEPAN”

“JAGA JARAK”, beberapa serangan Ballapa ada yang membutuhkan respon pengambilan posisi yang cepat. Terlalu jauh maupun terlalu dekat dengan Balapa bisa berakibat fatal. ROAR mengharuskan kita segera mengambil posisi di belakang Ballapa, juga ada 2 mekanik Lantai yang mengharuskan kita segera keluar dari LINGKARAN MERAH, atau segera masuk ke LINGKARAN HIJAU.

*Note: STOMP baru ada saat map sudah berbentuk seperti ring tinju pada IDN Norm. Sedangkan pada IDN Hardcore Ballapa sudah bisa mengeluarkan STOMP sejak awal muncul.
Mekanik OVERLOAD pada IDN Hardcore akan diikuti oleh Ministomp oleh tangan di area kecil sekitar Ballapa yang kemudian Ballapa akan mendapatkan Buff Berserk. Trik untuk melewati dengan aman stage 2 pada difficulty Hardcore, bawalah job dengan kemampuan REMOVE BUFF (Engineer, Mercenary, Soul Eater), Fokus dodge, gunakan serangan yang mudah di cancel hingga Berserk sudah di REMOVE.

Skill SMACKDOWN, pada  difficulty Hardcore akan didampingi dengan debuff CONFUSE, jangan sampai terlambat menuju tempat yang aman dari area SMACKDOWN (skill ini tidak bisa di block), untuk amannya gunakan AD saat bergerak dalam keadaan CONFUSE.

Skill ROTATING BREATH pada difficulty Hardcore juga memiliki perbedaan dengan difficulty Normal. Ballapa bisa berputar ke Kanan / Kiri pada difficulty Hardcore, sehingga kita harus memperhatikan terlebih dahulu arah putaran Ballapa, kemudian menghindar sambil berputar ke arah yang tepat.

MEKANIK LAST BAR juga memiliki perbedaan antara Normal dan Hardcore. Pada difficulty Hardcore setiap pilar akan memiliki 2 laser yang berputar, namun masing – masing laser lebih pendek dari laser pada difficulty normal.


STAGE 3



Ada 3 buah koridor yang harus dilewat sebelum mencapai stage akhir. Masing – masing koridor, mengharuskan kita mendekatkan kristal dengan aura hitam pada NAGA. Setiap kristal akan menambah bar yang diperlukan untuk menyelesaikan koridor tersebut, setelah bar penuh, NAGA akan menyemburkan nafasnya ke arah tengah map sekaligus membuka jalan ke koridor berikutnya.
Yang perlu diperhatikan oleh SAINT pada koridor ini adalah kemunculan PUNISHER (di koridor 3 pada difficulty normal, di koridor 2+3 pada difficulty hardcore). Cast MIRACLE RELIC / PROECTION SHELL sebelum PUNISHER muncul. Perhatikan kemunculan PUNISHER cast PARALYZE BOLT saat PUNISHER MUNCUL, kemudian tentukan kapan harus mengeluarkan BIND RELIC. Saya pefer jika BIND RELIC dikeluarkan setelah STOMP 3x dari NAGA. Karena jika dikeluarkan sebelumnya, kemudian NAGA menyerang dengan STOMP 3x, ada kemungkinan BIND RELIC hancur. Selesai cast BIND RELIC, segera bantu tim untuk tendang kristal hitam ke arah NAGA, sambil memperhatikan apakah party memerlukan HEAL atau tidak.


Naga

Akhirnya kita sampai juga pada boss stage. Yang perlu diperhatikan pada stage ini adalah POSITIONING, timing BUFF (REDEMPTION AURA, PROTECTION SHELL, MIRACLE RELIC), juga penempatan RELIC (CURE dan HEALING RELIC).

POSITIONING

Posisi yang aman selama stage ini berlangsung adalah di dekat cakar NAGA, baik cakar kanan maupun kiri. Namun, di hampir semua party public, kita menyepakati (default optionnya) untuk berkumpul di cakar kiri NAGA. Saya juga tidak paham persis kenapa cakar kiri yang dipilih, ada serangan NAGA yang polanya 2 kali gigitan dengan area luas dan efek remove buff dilakukan ke arah ke kiri dahulu, baru kanan, sehingga sebenarnya, bila kita menyerang dari area cakar kanan NAGA ada waktu lebih lama untuk melakukan dodge (serangan gigitan ini cukup sulit dihindari, karena AoE nya lebih luas dari warna merah yang ada di lantai, jadi butuh jam terbang lebih untuk bisa 100% dodge serangan ini). But worry not mate, serangan ini damagenya kecil, dan efek remove buff juga bisa diatasi dengan rebuff, which is easy, tapi membutuhkan kekompakkan dan kesadaran dari masing – masing party member. So, jika Raid Leader mengatakan cakar kanan atau kiri sebagai tempat berkumpul DPS, ikuti saja. Namun bila tidak ada instruksi khusus, maka defaultnya adalah cakar kiri.

Hijau: Area DPS. Merah: Area yang dihindari. Kuning: Area Ekor Naga


Kenapa kumpulnya di cakar? Karena di area depan NAGA ada banyak serangan gigitan, dan di area belakang NAGA ada serangan ekor yang mematikan.
Positioning di stage ini, selain berada di area cakar NAGA, juga bagaimana kita bisa menjauhkan diri dari area serangan ekor NAGA yang mematikan. Mudah sebenarnya, namun kadang kita lengah, dan kadang juga si NAGA mengeluarkan serangan yang dapat memecah konsentrasi kita. Ada beberapa keadaan khusus yang perlu diperhatikan agar kita tidak menjadi sop buntut naga.

Saat NAGA melakukan roar dan memanggil WHIRLWIND (WW), NAGA bisa mengeluarkan serangan ekornya, jadi hindarilah WW di area aman, jangan hanya fokus pada WW kemudian asik menghindari Whirlwind di area ekor NAGA.

Saat NAGA melakukan memberikan MARK kepada 1 atau 2 member party, kemudian muncul lingkaran kecil di bawah member party yang terkena MARK beberapa kali kemudian memberikan damage overtime pada siapapun yang menginjaknya, NAGA juga bisa mengeluarkan serangan ekor, biasanya, member party yang terkena MARK langsung panik, lari ga jelas kemana, saking takutnya meninggalkan lingkaran merah di area berkumpulnya member party lain sehingga dapat mengakibatkan kematian, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Slow down mate, kaburnya santai aja, tetap perhatikan area ekor, larilah di area yang aman dari serangan ekor.

NAGA melakukan memberikan MARK kepada 1 atau 2 member party, kemudian muncul lingkaran besar yang mengikuti pergerakan member party yang terkena mark, kemudian memberikan damage overtime kepada member party tanpa mark yang masuk kedalam lingkaran tersebut. Pada mekanik ini NAGA juga dapat mengeluarkan serangan ekornya. Biasanya member party yang terkena mark akan lari menjauh, namun bila tanker terkena mark, biarkan tanker di posisinya mengamankan agro dan member party lain yang lari menjauh. Dalam proses ini, juga perhatikan area ekor, pada kondisi terpaksa, masuk ke area lingkaran biru dan terkena damage 1-4 ticks lebih baik daripada terkena serangan sop buntut.

Terakhir, saat NAGA mengeluarkan seragan TOMBAK, STOMP 3x, dan SERUDUKAN yang diakhri knockback dan serangan bola es ke segala arah, seringkali kita asik dodge serangan tersebut dan berada di area ekor saat serangan selesai. Segeralah lari ke posisi yang aman dari area ekor, perhatian khusus pada kondisi pasca serangan SERUDUKAN, NAGA akan menghadap ke arah luar map. Posisi itu membuat terkadang area disamping naga yang aman dari seranga ekor sangatlah sempit, sehingga pasca seranga ekor, segeralah putuskan, mau maju sampai mepet, atau mundur jauh – jauh. Seringkali saya memilih mundur jauh – jauh, baru kemudian ikut memasuki area cakar kiri NAGA setelah NAGA sudah di dalam kendali agro TANKER lagi.

Pengambilan Posisi Setelah Naga Menyeruduk.
SEGERA!! berkumpul di cakar NAGA, atau mundur sejauh - jauhnya.

TIMING BUFF

Pada stage ini, setiap gigitan dan mekanik spasi sebelum NAGA menyeburkan nafas es dari luar map memberikan efek REMOVE BUFF, sehinga kita harus peka dan disiplin, setiap NAGA terbang keluar map dan muncul mekanik spasi segeralah REBUFF di depan NAGA, saat ada party member yang terkena gigitan naga, segeralah REBUFF.
Sama seperti di stage sebelumnya, gunakanlah PROTECTION SHELL dan MIRACLE RELIC sebelum serangan – serangan yang mematikan. Saya prefer MIRACLE RELIC di cast saat NAGA sedang menyemburkan es dari luar map, karena setelah itu ada STOMP yang memberikan damage tinggi. Sedangkan saat NAGA akan melakukan serangan TOMBAK dan STOMP 3X saya cast BLOCK + PROTECTION SHELL.

RELIC PLACEMENT

Hal lain yang perlu diperhatikan pada stage ini adalah pnempatan relic, baik itu HEALING, BIND, dan CURE RELIC (MIRACLE RELIC sudah kita bahas ya di bagian TIMING BUFF).

JANGAN MENEMPATKAN RELIC DI AREA DPS BERKUMPUL.

Lempar BIND RELIC di area cakar kanan (asumsi DPS berkumpul di cakar kiri), atau depan muka NAGA, atau sedikit ke area kaki belakang, saya paling sering mengarahkan ke depan muka NAGA.

HEALING RELIC yang penting jangan di area DPS berkumpul, karena bisa menganggu pergerakan, posisinya bisa bebas dimanapun karena skill ini bisa di spam, hal lain yang perlu disesuaikan jumlahnya. Jika ada member party yang terancam kehabisan mana, spam HEALING RELIC sebanyak – banyaknya. Namun, jika tidak ada cast 1 HEALING RELIC juga sudah cukup.

Penempatan CURE RELIC adalah yang paling penting, karena ada beberapa serangan yang memberikan efek frozen dan Slow, sehingga penempatan CURE RELIC yang baik, akan sangat bermanfaat bagi party. Saran saya, tempatkan CURE RELIC sediki lebih jauh di depan NAGA, namun pastikan area DPS masih tercover aura CURE RELIC nya.

X adalah saran penempatan posisi CURE RELIC.

Full Run IDN HC - Saint PoV bisa dilihat di video ini ~

Well, itu tadi sharing saya tentang tips melewati IDN, dari sudut pandang SAINT. Semoga bermanfaat, dan semakin lancar farming Ice Dragon Legend Scale nya !!

See you and Happy Dragon Nest !!







Comments

  1. bang atau siapapun yang tau, evo NM +13 di banding RuDN mending mana ya? atau abang motz bisa bikin buat blog gan review RuDN

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Elemental Converter Jade

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70