4 Tips Clear Ice Dragon Nest

Setelah sekian lama vakum, hari ini mulai ngetik di blog lagi...
kali ini, saya mau share cerita perjalanan clear IDN saya...
sebelum curcol, karena sampai sekarang saya juga masih belum rutin limit tiap minggu + baru balik lagi dari vakum yang lama... dengan target clear IDN HC,,, Maka posting pengumuman Oprec. Tim dulu yaaa ~



Looking For Ice Dragon Nest Team Member


Job: RV / Main Tanker (Guardian / Destroyer) / Dede Class / Dancer Class / Lancea Class / Ruina Class.

dengan kriteria:
1. Aktif OL sekitar jam 8-12 malam.
2. Koneksi Stabil.
3. Udah hapal attack pattern n mekanik IDN
4. Untuk DPS minimal equip RDN HC+10, Kostum Unique, Heral dan Acc rapih.
5. Untuk MT, yang penting cukup tebel untuk ga matian.

Q: Gimana caranya mau hapal stage kalo mau run aja harus hapal stage dulu.
Q: Gimana mau punya equip bagus kalo syarat run aja harus bagus equipnya.

Dan pertanyaan yang paling sering muncul:
Q: Gimana mau clear kalo masuk party pub aja harus clear dulu.

Well ...


Curhat berbalas curhat yaaa ~

Ada saat2 dimana saya ngalamin yang seperti itu...
Di kick RL karena equip kurang oke, di kick RL karena clear IDN belum 3/3, sampe ditinggal begitu aja oleh tim entah karena apa, haha...

"Ada yang tau rasanya jadi LK user sebelum awakening? Boro2 di kick dari party, mau masuk party aja saya ga bisa karena semua judul party -GL"

Tapi ga pake curhat... Saya evaluasi yang masih kurang apa... Walaupun pada akhirnya memang awakening update yang membuat LK saya keluar dari tekanan FA nya Gladiator, He he ~

Jaman saya masih bego IDN,, ada 4 langkah yang saya ambil:
1. Ngapalin stage dari youtube.
2. Masuk IDN 4 man untuk latihan dodge.
3. Pump Equip sampe "PANTAS" untuk dibawa di party pub.
4. Nyari tim sambil terus run di pub. party ~

Saya share ya, siapa tau bisa jadi masukan untuk yang sampai saat ini belum clear juga ~


1. HAPALKAN STAGE DARI YOUTUBE.

Baca: DARI YOUTUBE.

sekalian menjawab pertanyaan:
Q: Gimana caranya mau hapal stage kalo mau run aja harus hapal stage dulu?
A: Kalo player DN Korea mungkin pantes mempertanyakan ini, karena saat IDN keluar, mereka mungkin masi bener2 buta.
Tapi kita di DN INA? Sebelum IDN keluar aja, di youtube udah ada video dari party yang udah clear IDN bro, lu tonton lah itu :)

Saya awal belajar IDN dari youtube dgn judul "[Dragon Nest R Korea] how to clear ice dragon 1 round. playing by "PUBLIC CHANNEL+JUNE" attack unit" ada yang versi round 2, 3.1 sampe 3.2.
Link stage 1 nya klik disini. stage berikutnya cari aja sendiri pasti ketemu.
Sekarang makin banyak video IDN di youtube, saran saya, jangan belajar dari yang fast run, tapi belajar dari yang biasa atau yang lama sekalian, biar ga ada mekanik yang kelewat.


Kalo kamu mau "ikut pub party IDN supaya bisa belajar stage", coba mulai sekarang dibalik mindsetnya jadi "Belajar stage supaya bisa ikut pub party"


Yup, belajarnya sebelum masuk pub... Karena? Nanti kita bahas di poin 4 ~


2. LATIHAN DODGE, DODGE, DODGE !


Setelah tau serangan dan mekanik stage dari youtube. Sekarang saatnya belajar DODGE.
IDN saat ini masih membutuhkan waktu lama untuk hajar boss nya, dan serangan bossnya juga ada beberapa yang menghasilkan damage luar biasa kalau tidak dihindari.

Cobain aja tu stomp kebo stage 1 lu tb saat lagi kena debuff reduce defensenya, Joss!
Serangan lainnya ga begitu sakit, tapi kalau ditelen terus ya pasti healer tim mu mabok, apalagi sekarang saint heal area cuma berapa meter, bisa pecah konsentrasi healer cuma gara - gara ngeliat HP bar mu yang dikit2 sekarat, terus nyari si tukang telen damage ini ada di sebelah mana.

Dikarenakan kerasnya nest ini, slot healer pun terbatas. Mentok2 bawa Saint+Sub healer aja. dan Kalau dodge mu ga bener, 2 healer itu ga akan cukup. dan akibatnya, baca poin 4 nanti ~

Dodge ini terutama untuk DPS, karena rata2 DPS itu empuk2, dan kalau sekarat, cenderung jauh2 dari bos untuk cari aman. dan kalau lagi jauh - jauh dari bos, otomatis DPS party turun, ga kebagian buff party, Healer puyeng nyari - nyari ada di sebelah mana, cuma gara2 ga pandai dodge.
Healer dan MT juga harus pandai dodge, tapi ya karena rata2 HP dan Deff besar, dan dibekali block, sof, tgw, dll, cenderung lebih aman daripada DPS.

Pernah saya IDN 4 man run solo sampe 2 jam, momon ga langsung di kill, hajar pelan2, cuma buat ngelancarin dodge, ngapalin pola serangan bos + mekanik di tiap bar nya doang.

Manfaatnya ngapalin pola serangan, contohnya ni di stage 1.
-Bentar lagi ganti bar, simpen lah itu skill2 area+ulti biar bisa dikeluarin pas 4 kebo masih kumpul di tengah.
-Muncul 4 kebo kecil di pinggir2 map, tapi si kebo besar udah lama ga ngeluarin Rage/Bar SuperArmor. ya sementara hajar serigala kecil yang posisinya deket sama bos dulu aja, jaga2 kalau tau2 bos nya superarmor, kamu bisa langsung mendekat+hancurin bar nya.
-Saat lagi harus hajar kebo kecil di pinggir map, nginget2 bos kebo udah lama ga stomp, ya kamu jangan keasikan hajar anaknya, siaga liat warna lantai, jangan keluarin skill yang sulit di cancel, sekali2 liat juga bos nya, karena kadang dia lari ngejar salah 1 player buat nyakar, dan sakit, asli sakit damagenya.

Kalau kamu udah hapal pola serangan, otak mu sudah mulai bisa berpikir kesana...



3. PANTASKAN EQUIP.


Ini bagian sensitif, player dengan equip seadanya mungkin bisa ga seneng bacanya, tapi kenyataan tak bisa dipungkiri bahwa boss - boss di IDN memang keras, apalagi katanya sekarang resist dibatasi (kejadiannya pas saya vakum, jadi pake katanya).
Kalo IDN Raid gampang, sekarang mungkin sudah banyak judul party "GB IDN @300G 10 menit clear". kenyatannya? bisa diliat sendiri :)

Itung - itungan maksanya gini:

Damage party kecil = Waktu lebih lama untuk clear  = Lebih banyak serangan yang dikeluarin bos = lebih banyak serangan yang harus di dodge = lebih lama harus konsentrasi apalagi kalo malem ditambah ngantuk = chance untuk clear lebih kecil.
worst case scenario-nya: saat kebo stage 1 rage/bar superarmor/apa lah tim kalian namain mekanik itu, bar nya ga ancur dan terjadi party wipeout. Kejadian ini sungguh menghancurkan moral tim, wkwkw ~

Maka equip, terutama equip DPS nya bener - bener di seleksi untuk masuk nest ini...

Q: EQUIP SEPERTI APA YANG CUKUP UNTUK IDN 8 MAN BANG?
A: Yang menurut pertimbangan RL nya, damage mu cukup oke untuk dibawa run bareng. Tentunya masing - masing RL punya selera masing - masing. Paling gampangnya, lu bikin Party sendiri, jadi pake selera lu sendiri, lu atur sendiri.
Kalo masuk party orang, ya respect aja sama keputusan RL nya, ga perlu baper kalo kena kick ~

Kalau saya, rasa - rasanya, IDN Uniq+12 weapon +13 itu minimal ya. Pakai RDN HC lebih bagus... sekarang kan jasa GB RDN HC cuma 300 Gold / Run.
Khusus untuk Saint / MT, sejauh ini saya sih asal ga matian, dan tugasnya beres, equip kaya gimana juga terserah aja.

Q: Kalo equip RDN HC aja GB gimana kita mau berkembang?
A: Justru dalam pandangan saya, orang2 yang bayar jasa GB itu adalah orang2 yang mau berkembang. Mereka rela ngeluarin gold demi punya equip HC. Punya equip HC biar char nya bisa berkembang kan? Iya apa iya?

Q: Tapi kan kalo GB jadi ga paham stage RDN HC nya?
A: Saat cap 80 pertanyaan ini relevan, tapi sekarang cap 93 bro ~

Q: Kan ga semua orang punya banyak gold?
A: Setuju banget nih,,, walaupun GB HC @300 Gold terlihat murah, sesungguhnya equip RDN HC hanyalah sampah kalau nggak ditempa, dan nempanya butuh banyak, BANYAAAAAKK, Gold.
Jaman 100 Jelly harga 1600-1800-an, saya habis sekitar 150k-200k gold untuk nempa 5 Armor+2 Weapon RDN HC rata+12 (Jelly semua saya beli krn ga ada stok).

Sekarang? Saran saya, daripada nempa HC abis duit segitu (nggak segitu juga sih karena harga jelly skrg jauh lebih murah dan juga, tergantung hoki mu saat nempanya), mending ratain IDN Uniq+13 aja, beda stats ga terlalu jauh.

Q: Tapi tetep bagusan pake RDN HC kan?
A: Kalo rata+12 iya, karena saya udah bandingin. Kalo rata+10 saya ga tau, krn belum pernah bandingin sendiri, tapi sepertinya RDN HC+10 oke juga. Yang jelas kalo cuma sanggup nempa sampai rata+7, mending ga usah pake sekalian.

Kesimpulannya, hingga saat ini, apalagi sejak dibatasinya resist, IDN masih merupakan raid nest dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Kalo gampang, saya ga akan nyari - nyari tim kaya sekarang, hehe...

Banyak - banyak ngaca, kemampuan saat ini seperti apa, realistis aja... udah cukup belum untuk IDN, kalo penasaran mau ngecek, masuk aja pub party IDN yang ga pake syarat 3/3, di kick ga?
kalau belum ya sementara ganti targetnya, ke PKN HC misalnya... Sambil tetapin target jangka panjangnya bisa clear IDN, dan sesuaikan juga actionnya...
Apalin tu pola serangan, apalin tu mekanik, sambil bagusin equip. Akan datang saatnya kamu limit IDN tiap minggunya ~

Intinya sih..
Ada orang yang targetnya blm tercapai, kemudian usaha... ga harus pake duit pun bisa...
tuh di guild liat masterIacher, ShivasBow, Alterhiena... mereka bukan heavy cashers, tapi charnya bagus, salut saya ~
di grup tetangga juga banyak player yang bukan heavy cashers, share char mereka yang saat ini buildnya sudah oke. Mereka bangga karena memang usahanya patut dibanggakan, dan bisa jadi inspirasi untuk player2 lain yang isi dompetnya terbatas, jadi patut kita apresiasi.
Dibanding saya yang mainan Gcash, perjuangan mereka jauh lebih hebat hingga charnya bisa seperti sekarang.

Ada juga yang hobinya sekedar ngeluh - ngeluh, dan curhat "Kalau mau ikut party harus clear dulu, kapan gue clear nya?"
Saya rasa kita udah bisa memprediksi yang model gitu endingnya bakal kaya apa ~


Kuncinya Realistis dan Konsisten.


4. BIKIN TIM + RUN PUB PARTY



Di bagian 4 ini, clear IDN akan saya ibaratkan mendaki ke puncak gunung yaa, biar seru aja ~

Buat saya, ini tahap terakhir. Ibarat orang mendaki gunung...

"SIAPIN DULU ILMUNYA (poin 1+2), LATIHAN FISIK SAMPE KUAT (poin 3), BARU PERGI MENDAKI."



Kalo mau mendaki tapi ga tau apa apa dan fisik ga kuat ya ga akan diajak lah,, kalo lu mati di perjalanan kan cuma ngerepotin doang jadinya ~

maaf ya, temen - temen yang hobinya ngeluh kenapa ga diajak, atau kenapa di kick sama RL terus, menurut saya mindsetnya terbalik. Maunya diajak naik gunung, dibawa sampe puncak, padahal ilmu sama fisiknya belum tentu memadai. Kalau gunungnya gunung Manti dan gunung ABN, mungkin ketua nya ga keberatan, Tapi kalo gunung IDN berat brooo, perjalanan menanjak curam, bawa diri sendiri aja berat, masa disuruh tambah bawa beban ~

begitulah kiranya kisanak....

Q: Gw dah hapal stage tapi tetep di kick tuh

A: Hapal stage kan ga keliatan,, kalaupun mau diliat ya dari IDN nya sudah 3/3 belum, tapi juga ga pasti. Yang udah pasti bisa dinilai, ya equip :) Masalah hapal stage apa nggak nanti bisa diliat sambil jalan, tapi kalau equip ga memadai ya ga akan diajak jalan ~


Disinilah gunanya Guild dan Tim.
Kalau sudah ada Guild dan Tim yang kompak, akan ada orang - orang yang mengajak kita run atas nama solidaritas dan ikatan,,, ga saklek ngeliat equip+udah clear apa belum. Equip kurang - kurang dikit cincay lah, kadang - kadang mati gapapa lah, toh IDN normal bisa ress sekarang.

Tapi jangan banyak berharap yang demikian juga berlaku di pub. party. Kalaupun ada yang begitu, mungkin karena memang RL nya baik, disyukuri aja ~

Selama belum punya Tim, ya saran saya naikin jam terbang aja lewat Party Pub.

Q: Party pub sekarang ngasih syarat udah clear bro ~
A: Judul party ya suka - suka RL nya.. Nggak semua party ngasih syarat clear. dari 3 hari terakhir ini, Pub party IDN tanpa syarat clear juga banyak kok, krn saya merhatiin terus, siapa tau ada yang butuh LK, haha ~
Btw, sesungguhnya semua player bisa bikin party kan ya... jadi daripada ngeributin judul party orang, bikin aja party sendiri @_@

btw, saya lagi nyari anggota tim, ga pake syarat clear nih,, cek syarat di atas, kalo berminat pm yaa, Evermotz, server Althea ~
Saya sendiri selama ini kebetulan belum pake -clear kalau bikin pub.party IDN, karena targetnya nyari player yang mainnya rapih dan dodge bagus, dan rekrut gabung tim kalo blm punya. Kalo clear ya anggep aja bonus.

Yang perlu diingat, poin 1,2,3 beresin dulu...
Untuk masalah equip, jelas, tanpa equip yang memadai pasti kena kick.
Nah poin 1-2 ini yang penting untuk mencari Tim.
Beberapa orang ada yang males run Pub. party karena cenderung nggak sampe clear,, makanya ada yang men-syaratkan clear supaya chance clearnya lebih besar.

Namun kalo saya, run pub. party ya kembali lagi, realistis. Namanya orang baru pertama ketemu kalo ga kompak itu wajar. Respect aja sama RL nya, Fokus sama perannya, main yang rapih sesuai instruksi, sambil liat - liat, kalo ada player yang mainnya rapih, dodge nya bagus, add friend. Siapa tau besok - besok bisa run bareng lagi, siapa tau dia belum punya tim jd bisa direkrut. Kalo clear ya bonus ~

Sampai punya tim, ya terus aja begitu, naikin jam terbang, sambil cari player yang bisa diajak gabung buat tim ~
Pentingnya poin 1 dan 2, supaya saat di Pub. party kita mainnya aman, rapih, tau timing yang pas untuk burst attack, ga bikin healer pusing. Kalo mainnya rapih terus, lama - lama juga ada yang ngajakin run lagi,, Friend List yang ada, kita ajak run lagi mau ikut.... Coba kalo mainnya suram, yang ada ntar ga ada yang mau run bareng lagi, Heee ~


Spoiler.

Untuk Guild Gestapo sendiri, setiap member yang nongkrong di BC, biasanya saya intipin tuh equipnya, haha... Kalau udah lumayan ya boleh lah diajak IDN, apalagi saat ini saya jg sedang mencari tim lagi pasca Vakum kemarin... kalau yang ga pernah ke BC dan saya ga pernah tau equipnya kaya apa yo piye, hehe...

Q: Bener - bener mandang equip?

A: Realistis aja, Untuk IDN 8 Man, sementara ini YES. terutama kalo job DPS. tapi untuk nest - nest yang lain nggak kok, RDN HC juga kalo ada slot kosong saya tawarin ke member di chat guild, GB gratis, first come first serve ~


Pada akhirnya, saya ingin menutup dengan sebuah quotes:

"Kita run IDN kan untuk cari happy, kalo ngangkat beban mah di tempat fitness"





ga baper kan?
hee ...

Comments

  1. Asik juga tulisannya bro ^_^ salam dari guild sebelah :p

    ReplyDelete
  2. Butu Team Juga Niii,,, 7FiceDragon (RAVEN) 1 GUILD :D

    ReplyDelete
  3. asik juga pak,makasih juga membuat terinspirasi :D
    -1 teamR35 kurang Job SD :3

    ReplyDelete

Post a Comment

Most Viewed Post

Lv.93 Black Mara PVE Build By MOTZ GAMING

Dragon Nest - Leveling Spot and Guide Lv 1-70

Ice Dragon Nest Tips and Trick (Saint PoV)